20 Miliar dari Pemerintah Propinsi NTT untuk Bangun Infrastruktur di Matim

Pemda Matim bersama anggota DPRD NTT saat sosialisasi.program.APBD 2020. Foto/Nardi Jaya.

BORONG, POSFLORES.COM–Pada tahun ini (2020), Pemerintah Propinsi  Nusa Tenggara Timur (Pemprop NTT) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), akan mengalokasikan anggaran sebesar dua puluh miliar lebih (20.453.600.000), untuk pembangunan/peningkatan jalan Propinsi di Kabupaten Manggarai Timur (Matim).

Hal ini dikatakan Inosensius F. Mui, saat dia dan tiga rekan anggota DPRD Propinsi lainnya, yakni; Yohanes Rumat, Yohanes Halut, Jimur Siena Katarina, melakukan sosialisasi Program APBD Provinsi NTT Tahun Anggaran 2020 di ruang rapat Bupati Matim di Lehong, pada Kamis (20/2/2020).

Peningkatan jalan propinsi di Kabupaten Manggarai Timur (yang menghubungkan batas kabupaten) antara lain jalur Pota-Waeklambu dan jalur Bealaing-Mukun- Mbazang,” kata Inosensius.

Ino Menambahkan, masalah yang paling krusial di Manggarai Timur saat ini adalah infrastruktur seperti jalan dan jembatan.

Kita targetkan pada tahun 2021, seluruh aktifitas proyek dan pekerjaan infrastruktur itu harus sudah selesai. Ini juga sesuai program yang dicanangkan oleh pak Gubernur Viktor B. Laiskodat. Infrastruktur jalan harus selesai tahun 2021,” tambahnya.

Menurut  Inosensius, ada beberapa jalur di Manggarai Timur, baik jalur utara maupun jalur selatan  sudah diusulkan menjadi jalur Provinsi.

Yang pertama jalur utara, seperti Borong-Nceang-Dangka Mangkang-Dangka Benteng-Watu Nggong-Lengko Ajang-Baras. Yang kedua, sambungan dari Dangka Mangkang-Dangka Benteng-Benteng Jawa-Dampek. Terus satu paket lagi, Benteng jawa-Satar Teu. Satu paket lagi, Watu Ci’e-Deno-Benteng Jawa. Sedangkan jalur Selatan adalah Waelengga tembus Wae Care,” terang Inosensius.

Berbicara tentang jalan, kata Inosensius, sebelum status ke jalan nasional, jalan tersebut harus masuk pada ketegori jalan strategis nasional terlebih dahulu. Jalan strategis bisa diintervensi propinsi bisa juga dari APBN. Inosensius menjelaskan bahwa, pada dua tahun terakhir, di jalur Utara saat ini, diintervensi oleh Propinsi untuk beberapa perbaikan.

Pantauan Posflores.com, hadir pada saat kegiatan sosialisasi program APBD Pemprop NTT, beberapa pimpinan OPD, Para Kepala Dinas lingkup Pemda Matim dan THL. Kegiatan berakhir dengan sesi dialog dan tanya jawab dengan keempat anggota DPRD Propinsi tersebut. [Nardi Jaya]

Facebook Comments