Bawaslu Manggarai Ajak Anak Muda Ikut Test SKPP

Herybertus Harun. Foto/Ist

RUTENG, POSFLORES.COMBawaslu Manggarai mengajak kaum muda Ikut Sekolah Kader Pengawas Partisipasi (SKPP). Di tengah menghadapi pandemi Covid 19 dan menjalani isolasi mandiri di rumah masing masing, Bawaslu Kabupaten Manggarai mengajak kaum muda di Kabupaten Manggarai untuk mengikuti Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) yang dilakukan secara online.

Syarat-syarat untuk menjadi peserta SKPP usia minimal 17 tahun dan maksimal 30 tahun. Selain itu juga harus bersedia mengikuti pendidikan daring sampai selesai, termasuk penyediaan kebutuhan data internet.

Berikutnya, diutamakan sedang menjadi pengurus atau anggota dari organisasi atau komunitas, dan tidak sedang menjadi pengurus partai politik, tim kampanye, tim sukses dalam tiga tahun terakhir, juga tidak sedang menjadi penyelenggara pemilu.

Kordiv Pengawasan Humas dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Manggarai Herybertus Harun menjelaskan bahwa SKPP ini merupakan program nasional dari Bawaslu RI.

“Program ini bertujuan untuk menambah pengetahuan kaum milenial dan pemilih pemula tentang seluk beluk pengawasan Pemilu dan pemilihan,” kata Hery Senin (6/4/2020).

Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (KSPP) ini dilakukan sistem online yang dapat dimanfaatkan kaum muda yang kini sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

“Dalam masa wabah Covid-19 ini, bukan berarti semangat belajar turun. Selama di rumah, Bawaslu mengajak kaum muda bergabung dalam SKPP secara daring,” lanjut mantan wartawan Timex Kupang itu.

Hery menyebutkan, SKPP akan dimulai pada pertengahan April 2020. Sekolah akan berlangsung selama 10 hari, yang diisi dengan pengetahuan terkait dengan seluk beluk pengawasan Pemilu dan pemilihan. Bersama dengan para ahli kepemiluan, nanti akan diajarkan terkait dengan Pemilu, tahapan Pemilu, pengawasan, penindakan, penyelesaian sengketa, kerawanan, hingga strategi kehumasan.
Pendaftaran dilakukan secara online di bawaslu.net/skpp. Masa pendaftaran 5-8 April 2020. [Event Mardivanto]

Facebook Comments

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0