Bawaslu Manggarai Lantik 36 Anggota Panwascam

Ilustrasi Pelantikan

Oleh: Valery Isno

 

RUTENG, POSFLORES COM–Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu ) Kabupaten Manggarai, resmi melantik 36 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam ) jelang Pilkada Manggarai 2020. Proses pelantikan bertempat di hotel Victory Jalan Kartini No 6 Ruteng-Flores NTT, 22 Desember 2019.

Sebanyak 36 orang sebagai representasi dari masing-masing anggota tiap kecamatan yang berjumlah tiga orang untuk total 12 kecamatan di Kabupaten Manggarai.

Ketua Bawaslu Kabupaten Manggarai, Marslina Lorensia, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan bahwa, Panitia Pengawas Kecamatan berkewajiban untuk tidak bersikap diskriminatif dalam menjalankan tugas dan wewenang serta melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas tugas panitia pengawas di lapangan.

“Kami berharap kepada panitia pengawas kecamatan dapat menerima dan menindaklanjuti laporan yang berkaitan dengan adanya dugaan pelanggaran Undang-Undang terhadap pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020 mendatang,” ujar Lorensia.

Lorensia, juga menghimbau kepada Panwascam yang sudah dilantik untuk menjaga integritas dan netralitas seperti apa yang diamanatkan oleh Undang-Undang nomor 10 tahun 2016 dalam pasal 3 yang berbunyi;

Pertama, Mengawasi tahapan penyelenggaran pemilihan di wilayah kecamatan

Kedua, Mengawasi penyerahan kotak suaratersegel dari KPU Kabupaten

Ketiga, Menerima laporan dugaan pelanggaran terhadap tahapan penyelenggaraan pemilihan yang dilakukan oleh penyelenggara pemilihan

Keempat, Menyampaikan temuan dan laporan kepada PPK untuk ditindaklanjuti

Kelima, Meneruskan laporan dan temuan yang bukan menjadi kewenanganya kepada instansi yang berwenang

Keenam, Mengawasi pelaksanaan sosialisasi penyelenggara pemilihan

Ketujuh, Memberikan rekomendasi kepada yang berwenang atas temuan dan laporan mengenai tindakan yang mengandung unsur tindak pidana pemilihan

Kedelapan, Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh peraturan perundang-undangan.

Untuk diketahui, acara pelantikan ini diikuti oleh Bupati Manggarai, KPU Kabupaten Manggarai, Kepolisian Resort Mangarai, Dandim 1216 Manggarai, serta pimpinan Parpol se-kabupaten Manggarai. Kegiatan berlangsung damai.(*)

Facebook Comments