Sen. Des 9th, 2019

Lugas, Berani, Independen

Boncu Kode, Kampung Kelahiran Yang Mulia Mgr. Siprianus Hormat Pr, Kini Tinggal Kenangan

2 min read

Kampung Boncu Kode, kini hanya tinggal kenangan. Foto/Isno.

Oleh: Valeri Isno

 

RUTENG, POSFLORES.COM–Boncu Kode, sebuah kampung kecil yang letaknya di Desa Perak Kecamatan Cibal Kabupaten Manggarai. Kampung kecil ini mendadak viral, setelah Tahta Suci menetapkan Romo RD. Siprianus Hormat Pr. menjadi Uskup Ruteng, pada Rabu, 13/11/2019.

Ketika diusut, ternyata Kampung Boncu Kode merupakan bekas kampung halaman Uskup Ruteng, Yang Mulia Mgr. Siprianus Hormat Pr. Kampung Boncu Kode, kini hanya tinggal kenangan, pasalnya masyarakat penghuni kampung yang telah mencetak beberapa imam itu, kini  tidak berpenghuni lagi, akibat lokasi kampung tersebut rawan longsor.

Pantauan langsung Posflores.com di lokasi bekas Kampung Boncu Kode, (15/11), kondisi Kampung Boncu Kode tersebut sudah tidak berpenghuni lagi, yang terlihat membekas hanyalah sisa-sisa puing bangunan yang mulai menghilang.

Polus Jerobu, warga Kampung Boncu Kode yang kini tinggal di Kampung Rebuk, kepada Posflores.com menjelaskan bahwa pada saat longsor tahun 1982 silam, Kampung Boncu Kode yang merupakan kampung kelahiran Yang Mulia Mgr. Siprianus Hormat Pr. satu per satu warganya meninggalkan kampung tersebut untuk mencari tempat yang aman dari longsor.

Setelah pristiwa longsor tahun 1982, di kampung ini masih bertahan tujuh kepala keluarga, termasuk Yang Mulia Mgr. Siprianus Hormat Pr, bersama keluarganya. Sedangkan warga lainnya satu per satu meninggalkan kampung untuk mencari tempat yang aman dan jauh dari longsor,” jelas Polus.

Menurut pengakuan Polus, pada tahun 2007, kampung tersebut kembali terjadi peristiwa longsor. Akibat peristiwa longsor itu kembali terjadi, maka semua penghuni yang awalnya masih bertahan, pada akhirnya pindah ke Kampung Rebuk.

Kepala keluarga yang awalnya tetap bertahan tinggal di Boncu Kode, termasuk Yang Mulia Bapak Uskup Siprianus Hormat Pr, pada akhirnya ikut pindah ke Kampung Rebuk,” tutup Polus.(*)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.