Banner-Top
Banner-Top

Cewek Tangguh dari Manggarai Timur, Jago Ngelas Besi

Novi, pelajar tangguh dari Matim. Foto/Ando.
Novi, pelajar tangguh dari Matim. Foto/Ando.

BORONG, POSFLORES.COMManusia adalah mahkluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna dari makhluk lain di muka bumi. Manusia diciptakan menurut bentuk dan citraNYA, seperti yang difirmankan dalam Kitab Suci (Injil).

Dalam hal tupoksi pekerjaan, tentunya pekerjaan-pekerjaan berat dilakukan oleh kaum adam, seperti buruh bangunan, sopir truk, dan pekerjaan berat lainnya yang membutuhkan stamina yang prima.

Namun tidak sedikit juga kaum hawa melakoni pekerjaan-pekerjaan yang kebanyakan dilakukan oleh laki-laki. Seperti yang dillakoni cewek cantik Felensia Waru, pelajar kelas 10 SMAN 6 Kota Komba, Manggarai Timur, yang mahir mengelas besi.

Ditemui dikediamannya di Kisol, Kelurahan Tanah Rata (29/4/2020), pelajar berusia 17 tahun tersebut membagikan kisah awal saat dirinya belajar mengelas besi.

“Saya belajar las besi semenjak kelas 6 Sekolah Dasar, diajarkan oleh ayah, yang kebetulan memiliki usaha las kecil-kecilan. Memang awalnya cukup rumit, tetapi setelah dilatih secara bertahap, ternyata bisa juga dan mudah saja,” kisah pelajar yang akrab disapa Novi ini.

Dirinya memanfaatkan waktu luang saat pulang sekolah, untuk membantu ayahnya mengelas besi. Novi mengakui bahwa, cukup banyak orang yang menggunakan jasa mereka mengelas.

“Setelah pulang sekolah, saya langsung dihadapkan dengan perkakas las, karena cukup banyak orang menggunakan jasa kami, seperti las tungku api, terali jendela dan masih banyak lagi. Ketika musim libur seperti sekarang ini, saya lebih banyak waktu luang untuk bantu ayah. Mengenai urusan upah, kami bagi dua dari setiap orderan,” ungkap Novi sambil tersenyum sipu.

Menurut pelajar yang terlihat tomboy ini, dirinya sudah mendapat kepercayaan penuh dari bapaknya. Pasalnya kualitas hasil kerjanya cukup baik.

“Sekarang ini, kualitas dari hasil kerja saya cukup baik. Bahkan dalam beberapa kali, saya dipercayakan untuk memenuhi permintaan pelanggan sekitar Kisol dan desa tetangga, untuk mengelas terali jendela di rumah mereka. Ya..saya pergi sendiri menggunakan motor dengan membawa perkakas las,” cerita Novi dengan raut wajah yang ceria. [Marselino Ando]

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top