Banner-Top
Banner-Top

Curhat Nelayan Matim di Musim Angin Barat

Pantai Borong. (Foto: Marselino Ando/Pos Flores)
Pantai Borong. (Foto: Marselino Ando/Pos Flores)

Borong, Posflores.comTerhitung sepekan terakhir belakangan ini hasil tangkap ikan  nelayan di Borong, Kabupaten Manggarai Timur berkurang. Sebab di musim angin barat laut para nelayan harus ekstra hati-hati ketika  melaut.

“Sebelum musim angina barat saya melaut pagi dan sore. Sekarang hanya pagi saja. sebab siang hari sampai malam angin sudah cukup kencang,”  ujar Samsul kepada Posflores.com, Rabu, (12/8/2020)

Sebelum angin barat laut, pria 27 tahun ini mengaku dalam satu hari bisa menghasilkan puluhan boks ikan kombong dan tembang. Saat ini hanya dapat 8 boks saja.

Pengakuan senada disampaikan, Abdul (34). Ia mengaku, seminggu terakhir hasil tangkapannya merosot. Padahal sebelumnya hasil tangkapan selalu memuaskan. Sebab di saat kondisi laut tenang, memudahkan nelayan memantau ikan dan menangkapnya. Hasil tangkapannya mencapai lima boks.

Namun belakangan ini hasil tangkapannya hanya cukup untuk konsumsi dan biaya solar. Karena hasil tangkap tidak memuaskan di musim angin barat seperti saat ini, dirinya memutuskan untuk tidak berlabuh.

“Kalau air laut lagi tenang, saya bisa dapat ikan sampai 5 boks. Pada sore hari saya putuskan untuk buang jangkar dan enggan melaut karena tiupan angin cukup kencang,” akunya.

Dirinya menambahkan, kendati persediaan terbatas dan permintaan ikan cukup tinggi di pasaran, namun ia tetap jual dengan harga yang sama. (Man)

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top