Banner-Top
Banner-Top

Daging Babi di Borong Sepi Pembeli, Kadis: Ada Keluhan Tidak Pas Kilo

Daging babi yang dijual di pasar Borong. Foto: Marselino Ando
Daging babi yang dijual di pasar Borong. Foto: Marselino Ando

Borong, Posflores.comPenjual daging babi di Pasar Borong, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) mengaku, sepi pembeli. Kuat dugaan, menurunya permintaan konsumen daging disebabkan maraknya pemberitaan kematian babi.

“Kami ada delapan pos penjualan daging babi. Selama dua bulan terakhir pembeli semakin berkurang. Dulu dalam sehari, kami potong tiga ekor babi dan langsung habis terjual. Kalau sekarang, dalam sehari kami hanya potong satu ekor saja, bisa sampai tiga hari baru habis terjual,” ujar Darius (54), pedagang daging babi yang ditemui Posflores.com, Selasa (11/8/2020).

Kendati demikian, pria yang sudah sepuluh tahun bekerja sebagai penjual daging itu, mengaku, daging babi yang mereka pasarkan sudah melalui proses pemeriksaan dan layak untuk dikonsumsi.

“Sebelum dipotong, babi diperiksa oleh dokter hewan. Lalu kemudian, setelah dipotong dagingnya diperiksa kembali dan diberi tanda supaya layak untuk dijual,” katanya.

Ia pun berharap, dinas terkait bisa mengatasi persoalan tersebut, agar para konsumen tidak takut untuk membeli daging babi.

Terpisah, Kepala Dinas (Kadis) Peternakan, Kabupaten Manggarai Timur, Maximus J. Nohos mengatakan, menurunya permintaan daging bukan disebabkan maraknya pemberitaan kematian babi. 

“Keluhan dari beberapa orang, khusunya pembeli ada yang tidak pas kilo. Mungkin itu juga salah satu penyebab,” ujar Kadis Maximus saat dihubungi Posflores.com, melalui sambungan telepon.

Ia juga membenarkan daging babi yang dipasarkan sudah melalui pemeriksaan selama dua tahap.

Kadis Maximus juga menambahkan, hampir setiap hari, babi yang dipotong paling kurang dua ekor. 

Untuk diketahui, total kematian babi hingga 11 Agustus 2020 sebanyak 239 ekor, tersebar di sembilan kecamatan dan paling banyak di tiga kecamatan, yaitu, Kota Komba, Borong dan Rana Mese. (man)

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top