Banner-Top
Banner-Top

Dana Anggur Merah 250 Juta tidak Bergulir, Warga di Kota Komba Kesal

Ilustrasi Dana Anggur Merah.
Ilustrasi Dana Anggur Merah.

Oleh: Nardi Jaya

 

 

BORONG, POSFLORES.COMWarga Kelurahan Rongga Koe mencium adanya dugaan penyeleweengan dana Anggaran Untuk Rakyat Menuju Sejahtera (Anggur Merah) di Kelurahan Rongga Koe, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur.

Kepada Posflores.com, Jumat (24/1/2020), warga mengaku kesal lantaran dana sebesar Rp. 250.000.000, (dua ratus lima puluh juta) tersebut, pengelolaannya sudah tidak jelas dan tidak transparan.

Pengelolaannya selama ini tidak transparan pak. Kami ini masyarakat kecil yang tidak pernah mereka layani untuk pinjaman. Padahal seharusnya, dana ini adalah program desa/kelurahan mandiri yang kemudiakn dikelola dalam bentuk Koperasi. Mereka hanya mengakomodir orang-orang tertentu. Itupun banyak yang tidak mau mencicil,”  ujar salah seorang warga yang namanya enggan dimediakan.

Informasi yang diperoleh Posflores.com baru-baru ini, separuh dana tersebut disimpan di salah satu Koperasi di Manggarai Timur.

Iya pak, benar. Saya amankan sisa dana tersebut sebesar 60-an juta di Koperasi. Tapi berdasarkan kesepakatan bapak mantan lurah, eras jalang, dan Sekretaris lurah saat itu,” jelas Melin Nduang, Bendahara Anggur Merah, saat posflores.com memastikan informasi warga.

Posflores.com kemudian menyambangi kediaman ketua pengelola dana Anggur Merah Kelurahan Rongga Koe, Frans Ruang. Kepada Posflores.com, dirinya mengaku tidak tahu tentang perkembangan dana tersebut untuk beberapa bulan terakhir.

Saya tidak tahu pak. Mantan lurah dulu selalu mengintervensi saya terkait pengelolaan dana itu. Padahal, dia itu hanya sebatas pelindung saja. Belakangan saya larang anggota untuk mencicil uang itu. Dan sayapun tidak mau urus lagi,” ungkap Frans.

Dihubungi terpisah, aparat Kelurahan Rongga Koe, Heribertus Deni menegaskan bahwa, untuk urusan dana Anggur merah di Kelurahan Rongga Koe, dirinya menyarankan warga untuk langsung lapor ke Bapeda atau Inspektorat Manggarai Timur.

Saya tidak tahu tentang dana itu. Itu program, kan sebelum periode saya. Jadi saya menyarankan untuk langsung ke Lehong saja, di bagian keuangan atau Bapeda atau Inspektorat,”  jelas Heri.

Posflores.com kemudian menghubungi, Eras Jalang, Mantan Lurah Rongga Koe via telepon. Namun saat dihubungi, nomor telepon yang bersangkutan sedang tidak aktif di luar jangkauan. (*)

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top