Banner-Top
Banner-Top

Delapan Kelompok Tani di Matim Mendapat Bantuan Dana DAK

Salah satu Kelompok Tani di Desa Golo Loni. Foto/Yunt.
Salah satu Kelompok Tani di Desa Golo Loni. Foto/Yunt.

MANGGARAI TIMUR, POSFLORES.COM Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama. Dasar hukum UU no 18 thn 2012 tentang pangan. Yang di fokuskan keberhasilan pembangunan suatu bangsa atau daerah di tentukan oleh ketersediaan SDM yg berkualitas.

Pada tahun 2009 dicanangkan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan dengan menetapkan peraturan Presiden No 22 tahun 2009, tentang percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya wilayah yang kemudian ditindak lanjuti dengan penetapan peraturan Menteri Pertanian No 43 tahunn 2009, tentang gerakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal.

Di Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timir, demi mendukung aksi percepatan penganekaragaman konsumsi pangan serta menjamin ketersediaan kebutuhan pangan masyarakat, Kementerian Pertanian melalui bidang Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Manggarai Timur menyerahkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk delapan KWT (Kelompok Wanita Tani) yang tersebar di wilayah itu.

“Tahun 2021 ini ada delapan (8) kelompok yang menerima bantuan dana sebesar Rp.55.000.000,00 per KWT guna menunjang perekonomian petani pada masa pandemi Covid-19,” kata Yosep Tote, Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas ketahanan Pangan dan Perikanan Manggarai Timur kepada Posflores.com, Rabu, 30/6/2021.

Tote mengatakan DAK bidang Pangan merupakan dana yang akan di alokasi kepada daerah untuk membantu kegiatan di bidang pangan.

“Tentu ini akan membawa dampak yang baik pada masyarkat guna meningkatkan gizi yang baik dan juga untuk menurunkaan masalah stunting pada masyarkat,” katanya.

Tote berharap, program tersebut dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran.

“Harapannya, program ini harus bermanfaat guna meningkatkan perekonomian masyarakat dan produktifitas petani,” ucapnya.

Berikut daftar KWT yang mendapatkan Dana DAK;

1. KWT Reje Lele, Desa Benteng Riwu, Kecamatan Borong.
2. KWT Mekar, Desa Waling Kecamatan Borong.
3. KWT Maju Bersama, Desa Benteng Riwu, Kecamatan Borong.
4. KWT Harapan, Desa Compang Loni, Kecamatan Rana Mese.
5. KWT Sinar Usaha, Desa Compang Kempo, Kecamatan Rana Mese.
6. KWT Kasih Ibu, Desa Golo Leda, Kecamatan Borong.
7. KWT Sama Rasa, Desa Lembur, Kecamatan Kota Komba.
8. KWT Cembes Nai, Desa Golo Loni, Kecamatan Rana Mese. (Yunt)

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top