Banner-Top
Banner-Top

Deno Kamelus Beri Ucapan Selamat Kepada Ketua Terpilih DPRD Kabupaten Manggarai

Ketua Pengadilan Negeri Ruteng Melantik Ketua DPRD Kabupaten Manggarai. Foto/Isno.
Ketua Pengadilan Negeri Ruteng Melantik Ketua DPRD Kabupaten Manggarai. Foto/Isno.

Oleh: Valeri Isno

 

RUTENG, POSFLORES.COM Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai dari Partai Amanat Nasional (PAN), Matias Masir S.pd resmi menduduki jabatan ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai periode 2019-2024.

Acara pengucapan sumpah atau janji pimpinan DPRD Kabupaten Manggarai tersebut dilaksanakan dalam rapat paripurna yang berlangsung di Gedung DPRD Manggarai, Selasa(1/10/2019).

Pengambilan sumpah atau janji ketua DPRD terpilih, dipimpin ketua Pengadilan Negeri Ruteng, Sarlota Marselina Suek, S.H.
Matias Masir akan menggantikan ketua lama Komelis Madur,SP dari partai Gerindra.

Dalam moment tersebut, Ketua DPRD terpilih Matias Masir mengatakan, dengan dilantiknya pimpinan DPRD definitif maka tugas DPRD segera dapat berkoordinasi dengan baik dan berjalan secara optimal sesuai kedudukan dan fungsinya sebagaimana penegasan undang-undang nomor 17 tahun 2014.

“DPRD kabupaten atau kota, merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan kabupaten atau kota.
Pasal 365 DPRD kabupaten atau kota mempunyai 3 fungsi dewan dan 3 fungsi dewan merupakan kedudukan yang sangat strategis dan memiliki kewenangan sebagai lembaga politik, antara lain ; bersama kepala daerah menentukan kebijakan,” tandasnya

Selain pengambilan sumpah atau janji ketua DPRD, ketua pengadilan juga mengambil sumpah atau janji dua orang wakil ketua DPRD, yakni Soe Flavianus dari Nasdem dan Simprosa R Gandut, S.AP dari Golkar, didampingi saksi Rohaniwan Romo Beni Bensi, pr.

Sementara itu, Bupati Manggarai Dr. Deno Kamelus, S.H, MH mengatakan, DPRD merupakan bentuk legitimasi dan pengakuan terhadap pimpinan DPRD Kabupaten Manggarai sesuai penetapan pejabat yang berwenang untuk melaksanakan tugas sebagai pimpinan sesuai ketentuan perundang undangan sampai masa akhir jabatan.

“Dalam melaksanakan fungsi di atas peran pimpinan DPRD Kabupaten Manggarai sangat penting dan strategis untuk memastikan bahwa pelaksanaan fungsi berjalan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan menghasilkan keluaran atau out put yang berpihak kepada kepentingan masyarakat berupa peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat, khususnva di Kabupaten Manggarai,” jelasnya.

Dipengujung acara, tak lupa Deno Kamelus mengucapkan selamat atas pelantikan pimpinan DPRD Kabupaten Manggarai itu.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, Saya atas nama seluruh masyarakat Manggarai dan Pemerintah Daerah menyampaikan provisiat kepada ketua dan wakil wakil ketua DPRD yang telah dilantik,” tutup Bupati Kamelus.(*)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top