Banner-Top
Banner-Top

Desa Golo Leda di Matim gunakan Dana Desa Perangi Virus Corona

Petugas saat semprotan anti virus di Desa Golo Leda. Foto/Tim PF.
Petugas saat semprotan anti virus di Desa Golo Leda. Foto/Tim PF.

BORONG, POSFLORES.COMGuna mencegah penyebaran virus corona (covid-19), Pemerintah Desa Golo Leda, Kecamatan Borong, Manggarai Timur, bekerja sama dengan tim sanitarian Puskesmas Tilir melakukan penyemprotan disinfektan di rumah warga (04/04/2020).

Dalam kegiatan tersebut, Pemerintah Desa Golo Leda didampingi Euginius Manukule, selaku pendamping desa  serta petugas dari Peskesmas Tilir. Dalam melakukan penyemprotan itu petugas hanya diselimuti mantel hujan yang terbuat dari bahan plastik.

Kepala Desa Golo Leda, Martinus Jenama, mengatakan bahwa, kegiatan penyemprotan itu masih berfokus di tempat-tempat umum dan di rumah warga yang baru pulang merantau.

“Kegiatan penyemprotan disinfektan yang kami lakukan hari ini masih berfokus pada fasilitas umum dan di rumah warga yang baru pulang merantau, serta disetiap kios yang ada di Desa Golo Leda ini,” kata Martinus.

Lebih lanjut, Jenama mengatakan bahwa, selain melakukan penyemprotan, pihaknya pun membagikan masker kepada warga serta mensosialisasikan kepada warga tentang bahaya covid-19 serta cara pencegahannya. Menurut Martinus, pihaknya akan terus memantau mobilitas warga serta terus melakukan pendataan terhadap warga yang rentan sakit.

Sementara itu, Euginius Manukule, selaku PLD desa itu mengatakan bahwa, Pemdes Golo Leda sudah menganggarkan secara khusus dana desa T.A. 2020 untuk memerangi covi-19.

“Pemdes Golo Leda sudah menganggarkan dana desa T.A. 2020 khusus untuk kegiatan pencegahan virus corona agar tidak masuk ke Desa Golo Leda,” kata Egi.

Eugenius juga menambahkan bahwa kegiatan penyemprotan ini merupakan respon dari Lemdes dan pendamping desa terhadap surat edaran dari menteri desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi, nomor 08 tahun 2020, tentang desa tanggap covid-19 dan penegasan padat karya tunai desa.

Untuk diketahui, pada tanggal 25 Maret 2020 lalu, warga Desa Golo Leda dikagetkan dengan kedatangan Paulus di tengah wabah virus corona. Paulus yang merupakan warga Kampung Lopa, baru tiba dari malaysia saat itu. [Tim PF]

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top