Desa Sisir di Matim gunakan Dana Desa Ratusan Juta Perangi Covid-19

Posko covid-19 desa Sisir. Foto/Event.

BORONG, POSFLORES.COMCorona virus (covid-19) kian meresahkan warga dunia. Hingga kini corona virus atau covid-19 tengah menjadi pandemic global.

Di Manggarai Timur, NTT, Pemda bergerak dengan melakukan pencegahan dini terkait covid-19. Pemda memberikan istruksi kepada setiap desa melalui Kepala Desa untuk segera melakukan pencegahan.

Beberapa desa telah melakukan pencegahan, termasuk Pemerintah Desa Sisir Kecamatan Elar, telah memperketat pengawasan di beberapa titik posko covid.

Pantauan posflores.com, di desa tersebut terdapat dua posko covid. Tim relawan Desa sejauh ini sudah beroperasi di dua titik posko yang berbeda. Kepala Desa (Kades) Sisir, Marianus Sudarson, kepada Posflores.com menjelaskan bahwa, pihaknya sudah mulai fungsikan beberapa titik posko di Desa itu dengan menggerakan tim relawannya.

“Kami sudah menggerakan tim relawan untuk lakukan penyemprotan disinfektan di sarana – sarana umum seperti Masjid, Mushola, dan gedung Sekolah. Selain itu di beberapa titik posko sudah beroperasi sejak april lalu,” jelasnya.

“Selama ini kami sudah mengawasi ketat di beberapa titik posko. Setiap warga yang lalui wilayah ini ketika tidak mengenakan alat perlindungan diri (APD) tentu kami bagikan di sini. Sedangkan untuk sarana – sarana umum seperti Masjid,mushola, maupun gedung Sekolah sudah kita semprotkan dengan cairan disinfektan,” tambah Marianus.

Marianus juga menjelaskan dana untuk penanganan covid-19 di Desa Sisir sebesar Rp 151.063.768,00. Ini merupakan pengalihan keuangan desa berdasarkan instruksi Bupati Manggarai Timur. Di Desa Sisir ada pemangkasan dari Rp 157.000.000,00 berdasarkan instruksi Bupati untuk program lain, sehingga Rp 151.063.768,00 itu anggaran untuk penanganan covi-19.

Ia juga menambahkan, dana yang digunakan bersumber dari Dana Desa (DD) untuk penanggulangan covid-19 selama tiga bulan ke depan, terhitung April hingga Juni mendatang.

Menurut Marianus, Pemerintah Desa Sisir terus menghimbau warga agar selalu mengedepankan tindakan sosial guna memerangi dan mencegah penularan covid-19. [Event Mardivanto]

Facebook Comments

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0