Warga Desa Pong Ruan Protes terkait Data Penerima Bantuan, ini Kata Kades

WS, wanita stroke di Kota Komba. Foto/Ando.

BORONG, POSFLORES.COMPendataan bantuan terhadap warga terdampak Covid-19, seperti Bantuan Pangan Non Tunai ( BPNT) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Pong Ruan, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, diduga tidak transparan.

Persoalaan tersebut disampaikan oleh Ibu MM, dan WS, warga Kampung Lada (Kakang), yang bekerja sebagai petani. Kepada posflores.com, Jumat, 15 Mei 2020, MM menjelaskan bahwa ia sudah melengkapi berkas-berkas persyaratan, namun namanya tidak termasuk dalam penerima bantuan.

“Saya sudah melengkapi berkas-berkas persyaratannya. Hanya informasi belakangan dari RT, nama saya tidak terdata dalam daftar penerima bantuan. Kok aneh, masa sudah ambil data tapi nama tidak ada,” jelasnya.

Hal yang sama juga diakui oleh Ibu WS, tetangga MM. Diakui WS (63), sejak dulu dirinya tidak pernah mendapatkan bantuan, baik dari desa dari kabupaten maupun dari pusat. Wanita yang mengalami stroke ringan sejak 18 tahun lalu tersebut mengaku, sudah melengkapi berkas-berkas persyaratan, namun menurut informasi yang ia peroleh dari RT setempat, namanya tidak terdata.

“Saya sudah melengkapi persyarata-persyaratannya. Hanya informasi dari RT di sini, katanya nama saya tidak terdata,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pong Ruan,  Donsasianus T. Lewagan, membantah informasi tersebut. Dirinya mengatakan bahwa nama kedua warga tersebut ada dalam daftar penerima bantuan.

“Itu informasi yang salah. Warga atas nama MM terdata sebagai salah satu penerima BPNT. Lalu warga atas nama WS juga terdata sebagai penerima BLT. Data tersebut untuk saat ini sudah dalam tahap validasi data dan hanya tunggu proses pencairan saja,” jelas Legawan. [Marselino Ando]

Facebook Comments

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0