Di Desa Rana Masak Manggarai Timur, 215 KK Mendapat BLT

Warga Desa Rana Masak saat menerima BLT. Foto/Wil.

BORONG, POSFLORES.COMSebanyak 215 Kepala Keluarga (KK) di Desa Rana Masak, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT), Rabu, 20 Mei 2020. Dana tersebut bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2020, dengan pagu anggaran sebesar Rp. 387.000.000.

BLT tersebut diterima warga selama 3 bulan dengan rincian Rp. 600.000 perbulan. Namun pada tahap pertama ini, bantuan tersebut dibagikan untuk dua bulan, terhitung bulan April dan Mei, sementara untuk bulan Juni akan dibagikan pada tahap selanjutnya.

Kepala desa rana masak, Fransiskus Hada, disela-sela pembagian BLT tersebut mengatakan bahwa, DD senilai 387 juta yang diberikan dalam bentuk BLT kepada warga, diperoleh dari relokasi anggaran yang menghilangkan beberapa item kerja fisik seperti program rumah tidak layak huni, banguan WC untuk warga, MCK umum, dan pengadaan bibit cengkeh untuk kebun desa.

Menurut hada, bantuan tersebut merupakan bentuk tanggungjawab pemerintah terhadap masyarakat miskin yang terkena imbas akibat Covid-19.

“Kalian coba liat langsung kedalam saku saya (kepala desa). Uang dua ribu rupiah saja tidak ada, apalagi lima ribu. Saya betul-betul mau bangun desa ini,” ungkap Hada.

Ia berharap agar masyarakat penerima BLT dapat memanfaatkan uang tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup selama pandemi Covid-19 ini.

“Jangan gunakan uang ini sebagai untuk mabuk-mabukan, judi dan hal lain yang tak berguna untuk kehidupan keluarga, karena kita sudah melepaskan berbagai item pekerjaan pembangunan masyarakat desa,” tegas Hada.

Sementara itu, Camat Borong, Maria A. Hariani Gagu, dalam sambutannya mengatakan BLT yang bersumber dari Dana Desa tersebut diberikan kepada kelompok penerima manfaat yang belum mendapatkan bantuan sosial lainnya seperi PKH, BPNT dari kementrian sosial. Ia berharap pemberian BLT itu betul-betul diberikan kepada warga sesuai kriteria yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Jadi untuk pemerima jelas melalui verifikasi desa, musyawarah dusun juga verifikasi tingkat kecamatan dan kemudian diusulkan ke tingkat kabupaten. Ditegaskan agar penerima BLT benar-benar dimanfaatkan dengan benar uang tersebut untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Muda-mudahan semua berjalan lancar tinggal kita menunggu informasi dari desa lain,” kata Camat Hariani.

Pada kesempatan yang sama, Bripka Anselmus Magung, mengajak seluruh aparat Desa Rana Masak dan masyarakat, agar mengikuti maklumat Kapolri untuk selalu menjaga Kambtibmas di lingkungan masing-masing.

Pantauan posflores.com, pembagian BLT tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Desa Rana Masak, Fransiskus Hada. Hadir pula dalam kegiatan itu Camat Borong, Maria A. Hariani Gagu, Bhabinkantibmas, Bripka Anselmus Magung, bersama Babinsa 1612-04/Borong, serda Adrianus Dali. [Wil Susu]

Facebook Comments

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0