Di Matim, 18 Orang ODP, Kecamatan Kota Komba Paling Banyak

Daftar ODP di Matim. Foto/TRC Matim.

BORONG, POSFLORES.COMSaat ini Orang Dalam Pantauan (ODP) Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Manggarai Timur terus mengalami peningkatan. Hal itu berdasarkan data yang diberikan Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur melalui tim reaksi cepat pencegahan dan penanganan penyebaran corona virus disease 2019 (covid-19) (30/03/2020).

Sebelumnya, pada tanggal 28 Maret 2020, ODP di Kabupaten itu masih berjumlah 10 orang. Jumlah itu mengalami peningkatan pada 30 Maret 2020 menjadi 18 orang. Data yang diperoleh posflores.com dari tim reaksi cepat pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19 menerangkan bahwa, ODP terbanyak berasal dari Kecamatan Kota komba yang berjumlah 8 orang.

Selanjutnya disusul 3 kecamatan lain yakni; Kecamatan Rana Mese, Kecamatan Poco Ranaka, dan Kecamatan Lamba Leda yang masing-masing memiliki jumlah ODP sebanyak 2 orang.

Sementara itu, di Kecamatan Borong, jumlah ODP 1 orang, Kecamatan Poco Ranaka Timur 1 orang, Kecamatan Elar 1 orang, dan Kecamatan Elar Selatan 1 orang.

Sejauh ini Kecamatan Sambi Rampas masih bebas dari daftar ODP di Kabupaten Manggarai Timur. Saat ini 17 ODP yang ada di Kabupaten Manggarai Timur sedang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Sementara 1 ODP lainnya sedang menjalani rawat inap di RS. Untuk ketahui, status ODP bukanlah orang yang positif terpapar Covid-19. Berikut beberapa istilah yang digunakan terkait virus ini.

Agar tidak bingung kita mulai dari social distancing, lock down, hingga PDP.

1. Social distancing.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), arti istilah ‘social distancing’ atau ‘pembatasan sosial’ adalah menghindari tempat umum, menjauhi keramaian, dan menjaga jarak optimal 1-2 meter dari orang lain. Dengan adanya jarak, penyebaran penyakit ini diharapkan dapat berkurang.

2. Isolasi dan karantina

Kedua istilah terkait virus Corona ini merujuk pada tindakan untuk mencegah penularan virus Corona dari orang yang sudah terpapar virus ini ke orang lain yang belum.

Perbedaannya, isolasi memisahkan orang yang sudah sakit dengan orang yang tidak sakit untuk mencegah penyebaran virus Corona, sedangkan karantina memisahkan dan membatasi kegiatan orang yang sudah terpapar virus Corona namun belum menunjukkan gejala.

Berbagai pakar menganjurkan untuk melakukan karantina di rumah atau isolasi mandiri selama setidaknya 14 hari. Selama karantina, Anda dianjurkan untuk tinggal di rumah sambil menjalani pola hidup bersih dan sehat, tidak bertemu orang lain, dan menjaga jarak setidaknya 2 meter dari orang-orang yang tinggal serumah.

3. Lockdown

Istilah ‘lockdown’ berarti karantina wilayah, yaitu pembatasan pergerakan penduduk dalam suatu wilayah, termasuk menutup akses masuk dan keluar wilayah. Penutupan jalur keluar masuk serta pembatasan pergerakan penduduk ini dilakukan untuk mengurangi kontaminasi dan penyebaran penyakit COVID-19.

4. Pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP)

PDP dan ODP merupakan definisi yang digunakan untuk mengelompokkan individu berdasarkan:

Gejala demam dan/atau gangguan pernapasan
Riwayat perjalanan ke daerah pandemi infeksi virus Corona atau tinggal di daerah tersebut selama 14 hari terakhir sebelum gejala timbul
Riwayat kontak dengan orang yang terinfeksi atau diduga terinfeksi COVID-19 dalam 14 hari terakhir sebelum gejala timbul

Secara umum, ODP dan PDP bisa dibedakan dari gejala yang dialami. Pada ODP, gejala yang muncul hanya salah satu antara demam atau gangguan pernapasan, seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan sesak napas. Sedangkan pada PDP, sudah ada gejala demam maupun gangguan pernapasan.

Terhadap PDP, dilakukan rawat inap terisolasi di rumah sakit, pemeriksaan laboratorium, dan pemantauan pada orang lain yang memiliki kontak erat dengan PDP tersebut. Sementara ODP harus menjalani isolasi di rumah dan kondisinya akan dipantau setiap hari selama 2 minggu, menggunakan formulir khusus.

Jika kondisi ODP mengalami perburukan dan sudah memenuhi kriteria PDP atau hasil laboratoriumnya positif terinfeksi virus Corona, maka ODP tersebut harus dibawa ke rumah sakit.

5.OTG( orang tanpa gejala)
Seseorang yang tidak bergejala dan memiliki resiko tertular dari orang yg konfirmsi covid19 atau sdh positif covid19.
OTG merupakan kontak erat dengan kasus positif covid 19

Yang masuk kontak erat???

1. Nakes yg memeriksa ,merawat,mengantar dan membersihkan ruangan di tempat prawatan kasus tnpa mnggunakan APD standar
2. Orang yg berada dlm satu ruangan yg sama dengan ksus (trmsuk tmpt kerja,kelas,rumah,acara besar) dalam 2 hri sbelum kasus timbul gejala dan hingga 14 hri setelah kasus timbul
3. Orang yg bepergian bersama(radius 1m) dengan sgala jenis alat angkut)/kndaraan dlm 2 hri sblm kasus timbul gjala dan hgga 14 hri stlh kasus timbul gejala. [YS/IT]

 

Facebook Comments

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0