Dibangun dengan Dana 376 Juta, Proyek Air Minum di Desa Gunung Baru diduga Mubazir

- Advertisement -




MANGGARAI TIMUR, POSFLORES.COMProyek air minum bersih di Desa Gunung Baru, Kecamatan Kota Komba Utara, Kabupaten Manggarai Timur diduga mubazir. Informasi tersebut disampaikan oleh Eras, warga desa setempat, Sabtu, 27 Februari 2021.

“Ada proyek air minum yang mubazir karena kerja asal jadi. Proyek itu anggaran tahun 2018 menggunakan DD (Dana Desa) senilai Rp.376.701.658’00 dan sudah LPJ 100%. Proyek air minum ini juga pernah diaudit oleh Polres Manggarai pada tanggal 28 November 2019, namun belum ada tindak lanjut,” papar Eras.

Dikatakannya, penyebab mubazirnya proyek air minum tersebut karena tidak memperhatikan kualitas dalam proses pengerjaan.

“Kualitas pasirnya buruk, sehingga 2 unit bak penampung air cepat amblas. Selain itu, 11 tonggak kran air dan pipa sudah rusak sehingga masyarakat tidak bisa merasakan dampak positif dari proyek tersebut . Saya mohon Kadis DPMD segera meminta pertanggungjawaban Pemdes Gunung Baru,” kata Eras.

Baca Juga: posflores.com/Kadis PMD Matim Tinjau Balai Desa Gunung Baru/

Sementara itu, Kadis PMD Matim, Yosef Durahi menjelaskan bahwa pihaknya akan meninjau langsung ke Desa Gunung Baru.

“Terkait persoalan itu kita akan tinjau lagi,” jelas Yosef singkat.

Sebelumnya, tanggal 24 Februari 2021, Kades bersama aparat Desa Gunung Baru, datang ke Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Dasar kedatangn aparat bersama Kades Gunung Baru atas perintah menghadap oleh Kadis PMD, Yosef Durahi. Hal tersebut dilakukan agar Pemdes Gunung Baru mempertanggungjawabkan pembangunan Gedung Balai Desa yang dinilai mubazir oleh warga setempat.

Sebagaimana diketahui, gedung tersebut dibangun pada tahun 2018 menggunakan DD dengan pagu dana sebesar Rp.158.546.300’00. (Ando)

Facebook Comments




- Advertisement -

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Facebook Comments