oleh

Diduga ada Pungutan Liar Pemasangan Meteran Listrik di Desa Pong La’o

RUTENG, POSFLORES.COMBantuan meteran listrik yang dianggarkan melalui dana desa (DD) di Desa Pong La’o, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, diduga ada dugaan pungutan biaya.

Dana pengadaan meteran listrik tersebut bersumber dari danaDesa (DD) tahun anggaran 2020. Hal tersebut dibenarkan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Jhon Joko, kepada sejumlah awak media, pada Sabtu 25 April 2020 di kediamamnya.

Menurutnya, bantuan meteran listrik itu menelan dana sebesar Rp, 111.000.000, untuk 32 sasaran penerima. Hal tersebut diamini beberapa warga sasaran penerima bantuan meteran listrik di desa tersebut.

Sebelumnya awak media sudah memberitakan terkait dugaan pungutan liar (pungli) ini oleh petugas instalasi meteran listrik bantuan desa di Desa Pong La’o.

Pasalnya, saat pemasangan instalasi meteran listrik di desa itu, justru dipungut biaya sebesar Rp.100.000,00 bahkan lebih untuk setiap keluarga sasaran penerima. Seperti yang dikisahkan WJ, seorang warga penerima bantuan meteran listrik tersebut, kepada posflores.com pada Sabtu, 25 April 2020 menerangkan bahwa, setiap penerima bantuan itu wajib membayar kepada FS (petugas instalasi) sebagai uang ganti pulsa.

Sementara ketua RT 01 Dusun Kusu, AU, menjelaskan bahwa dirinya mendapat informasi pungutan itu dari beberapa warga.

“Informasi sementara yang saya dapat selama ini bahwa mereka itu (yakni pihak penerima) membayar sebesar seratus ribu rupiah kepada orang yang memasang meteran itu,” jelasnya.

Terkait keluarga sasaran penerima di RT AU, dirinya justru mengatakan bahwa pihaknya  tidak pernah mendata warga sasaran penerima.

“Memang saya sendiri tahu persis siapa-siapa yang menerima bantuan meteran listrik itu. Bahkan ini juga saya bingung karena mereka itu (pihak penerima) didata tidak melalui saya selaku ketua RT,” kata dia.

Sementara itu, penjabat sementara (PJS) Desa Pong La’o, Damasus Herong, kepada posflores.com, justru membantah terkait dugaan pemungutan uang sebagai biaya pemasangan meteran listrik bantuan tersebut.

“Setahu saya, tidak ada itu. Sampai saat ini masyarakat tidak pernah lapor kepada saya soal uang ganti pulsa untuk pemasangan meteran bantuan itu oleh pihak instalasi,” jelas Herong. [Event Mardivanto]

Facebook Comments

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

News Feed