Banner-Top
Banner-Top

Diduga Cacat Prosedur, Komite SMA N 2 Borong Tolak Pelantikan Kepsek Baru

Ket foto: Komite SMA Negeri 2 Borong usai melakukan konferensi pers
Ket foto: Komite SMA Negeri 2 Borong usai melakukan konferensi pers

Manggarai Timur–Komite SMA Negeri 2 Borong menolak keputusan Dinas Pendidikan dan Kebudayan Provinsi NTT atas pelantikan kepala sekolah baru di lembaga tersebut. Hal ini disampaikan oleh ketua komite Vinsensius Aliman dalam konferensi pers di SMA Negeri 2 Borong, Kelurahan Satar Peot, Kecamatan Borong, pada Senin, 20/12/21.

Vinsensius Aliman didamping oleh Sekretaris Komite, Bonifasius Sumardi dan anggota komite lainnya menyampaikan beberapa pertimbangan dasar dari penolakan tersebut antara lain:

Pertama, Berakhirnya masa jabatan Kepala Sekolah SMA Negeri 2 yang di Jabat oleh Saka Benedikta pada tanggal 5 Mei 2021 karena memasuki masa purna Bhakti dan mengangkat pelaksana tugas Bapak Selus Edu sebagai Plt Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Borong yang sebelumnya adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Negeri 7 Borong.
Kedua, Pengangkatan Plt Kepala Sekolah ini diambil dari nilai tertinggi tes calon Kepala Sekolah pada formasi lembaga yang dipilih, berdasarkan informasi kordinator pengawas Kabupaten Manggarai Timur bahwa Bapak Selus Edu memperoleh nilai tertinggi.

Ketiga, Setelah diangkat menjadi Plt Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Borong, Bapak Selus Edu, telah menyelesaikan segala administrasinya dengan SMA Negeri 2 Borong, dan telah menyusun program tahunan serta program jangan menengah sekolah bersama komite sekolah.
Keempat, Untuk menjadi Kepala Sekolah, harus melalui proses yang sangat ketat yakni seleksi administrasi dan uji kompetensi serta pemilihan lembaga yang dituju oleh pelamar.

Kelima, Peserta tes calon Kepala Sekolah yang melamar formasi ke SMA Negeri 2 Borong untuk tempat mengabdi hanya 2 (dua) peserta, atas nama: Bapak Seluas Edu dan Ibu Ani Sukma Prihatini. Dan yang dinyatakan lolos seleksi adalah Bapak Selus Edu.
Keenam, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Borong yang dilantik pada tanggal 17 Desember 2021 berasal dari SMK Negeri 1 Borong dan tidak melamar ke SMA Negeri 2 Borong sebagai tempat penugasan untuk mengabdi.

Ketujuh, Tiga calon Kepala Sekolah dari SMK Negeri 1 Borong lolos tes dan dilantik menjadi Kepala Sekolah, sementara Bapak Selus Edu, yang telah menjabat Plt Kepala Sekolah selama 6 bulan dinyatakan lolos tes dengan nilai tertinggi tetapi tidak dilantik menjadi Kepala Sekolah.
Kedelapan, SMA Negeri 2 Borong sudah terakreditasi A sejak tahun 2020 dan telah dinobatkan menjadi sekolah model yang telah diperjuangkan dengan susah payah dan dilandasi gotong royong bersama dengan elemen terkait.
Kesembilan, Persoalan pengangkatan Kepala Sekolah ini jangan sampai berdampak pada anak-anak kami yang sedang mengemban pendidikan di lembaga SMA Negeri 2 Borong yang berjumlah 557 siswa, serta berpengaruh terhadap kegiatan belajar mengajar. (Waldus Budiman)

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top