Banner-Top
Banner-Top

Diduga Selewengkan Dana Desa, Tiga Desa di Matim Diaudit

Gonsa Tombor. Foto/Ando.
Gonsa Tombor. Foto/Ando.

MANGGARAI TIMUR, POSFLORES.COM — Tiga Desa di Kabupaten Manggarai Timur, NTT, ditangani Unit Tindak Pidana (Tipikor) Polres Matim atas dugaan penyelewengan keuangan desa.

Ketiga desa tersebut, yakni Desa Rengkam, Desa Gunung Baru dan Desa Bangka Arus. Dari tiga desa tersebut salah satu desa tengah ditangani pihak Inspektorat Matim sesuai dengan permintaan pihak Tipikor Polres Matim.

“Tiga desa ini tengah ditangani oleh Tipikor Polres Matim dan tentunya selalu berkoordinasi dengan kami. Saat ini, desa pertama yang diminta untuk diaudit adalah Desa Rengkam,” jelas Gonsa Tombor, Kepala Inspektorat Kabupaten Manggarai Timur kepada posflores.com di ruang kerjanya, Senin, 26 April 2021.

Gonsa mengatakan, saat ini pihaknya sudah melakukan telaah pada desa pertama yang diaudit. Tujuan dari kajian ini untuk memastikan indikasi dan unsur kerugian. Menurutnya, dalam proses ini dapat memakan waktu sampai 6 atau 10 hari.

“Kemarin kami sudah lakukan telaah dan sudah ada indikasi – indikasinya. Dua minggu lagi kami akan turun ke sana. Karena dalam satu minggu ini kami akan memanggil pihak-pihak yang terlibat,” katanya.

Menurutnya, dalam audit investigasi di Desa Rengkam dapat menyita waktu sampai tiga bulan. Menurut Gonsa, untuk tahap selanjutnya Inspektorat akan mengekspos data temuan ke Tipikor Polres Matim jika ada indikasi-indikasi kerugian.

“Kalau semua pihak yang terlibat bisa kooperatif, maka prosesnya bisa cepat. Kemudian hasil temuan investigasi akan kami ekspos ke pihak penyidik Polres Matim agar ditindak lebih lanjut,” ungkapnya.

Gonsa berharap, masyarakat dari Desa Rengkam dan dua desa lainnya untuk bersabar karena semuanya ada prosedur dan mekanisme yang berlaku.

“Semua itu ada prosedur dan mekanismenya. Jadi saya harap masyarakat bersabar dan menghargai proses,” tutupnya. (Ando)

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top