Banner-Top
Banner-Top

Dinas PMD Matim Surati Inspektorat agar Segera Audit Tiga Desa yang Bermasalah

Kantor Inspektorat Matim. Foto/Ando.
Kantor Inspektorat Matim. Foto/Ando.

MANGGARAI TIMUR, POSFLORES.COM Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Manggarai Timur, Yosef Durahi telah merekomendasikan tiga (3) desa di wilayah itu ke Inspektorat guna melakukan pengauditan terkait dugaan penyelewengan keuangan desa.

Pernyataan tersebut disampaikan Yosef kepada posflores.com, Selasa, 6 April 2021 di ruang kerjanya. Yosef memaparkan tiga desa tersebut, yakni Desa Gunung Baru, Desa Rengkam dan Desa Bangka Arus.

“Kami sudah menyurati pihak Inspektorat Matim supaya segera melakukan pengauditan untuk tiga desa ini,” katanya.

Kadis Yosef menjelaskan, meskipun persoalan pada tiga desa tersebut sementara ditangani pihak Tipikor (Tidak Pidana Korupsi) Polres Matim, namun pihaknya tetap meminta Inspektorat untuk melakukan pengauditan.

“Memang pihak Tipikor Polres Matim sementara menangani persoalan ini. Namun pihak internal pemerintahan ( Inspektorat) tetap melakukan pengauditan. Terkait bagaimana Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Tipikor dan Inspektorat itu urusan belakangan,” jelasnya.

Ketika dimintai tanggapan terkait tudingan masyarakat ada konspirasi antara DPMD dengan Para Kades, Yosef membantah dengan tegas. Menurutnya, jika DPMD berkonspirasi dengan kades dari desa-desa, untuk apa pihaknya meminta Inspektorat lakukan audit.

“Yang dituduh masyarakat itu tidak benar. Buktinya kami tetap minta Inspektorat untuk melakukan pengauditan ke tiga desa bermasalah ini,” ungkapnya.

Secara terpisah, Kepala Inspektorat Kabupaten Manggarai Timur, Gonsa Tombor mengaku bahwa sampai saat ini pihaknya belum melakukan pengauditan.

“Belum. Kami masih koordinasi dengan pihak Polres Matim karena tiga (3) desa ini sudah ditangani oleh pihak Tipikor Polres Matim,” ucap Gonsa singkat. (Ando)

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top