Banner-Top
Banner-Top

Direktur PT. Sari Makmur Tunggal Mandiri Dinilai Membohongi Publik

Sampah kulit kopi milik PT. Sari Makmur Tunggal Mandiri yang dibuang dalam jalur drainase (Foto: FEC Media)
Sampah kulit kopi milik PT. Sari Makmur Tunggal Mandiri yang dibuang dalam jalur drainase (Foto: FEC Media)

BORONG,POSFLORES.COM- Direktur PT. Sari Makmur Tunggal Mandiri yang tidak mau dimediakan namanya dinilai telah membohongi publik. Pasalnya, sampah kulit kopi kering yang mereka buang di Jalan Ki Hajar Dewantara (Depan Kantor Badan Pusat Statistik), Kecamatan Satar Peot, Kabupaten Manggarai Timur belum juga diangkut.

Pantauan Posflores.com, Kamis (20/08/2020) pkl.09.00 Witta, area tersebut masih berserakan sampah-sampah kulit kopi kering. Selain hampir mengenai badan jalan, sampah-sampah tersebut menutupi drainase di Jalan Ki Hajar Dewantara.

Padahal, satu hari sebelumnya ketika dikonfirmasi media ini melalui pesan WhatsApp, Direktur PT. Sari Makmur Tunggal Mandiri mengatakan bahwa ia sudah mengerahkan kariawan untuk mengangkut sampah-sampah tersebut. Untuk memastikan itu, ia juga ia meminta wartawan langsung cek ke lokasi.

"Sudah dibersihkan. Coba lihat di lokasi. Pak Don uda telfon ucapkan terimakasih atas partisipasi kerja sama kita," isi pesan WhatsaAppnya.

Sebelumnya, Selasa, (18/08/2020) , Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Manggari Timur, Ir. Donatus Datur menegur Direktur PT yang bersangkutan lantaran membuang sampah tidak pada tempatnya. Teguran tersebut berupa surat dengan Nomor: DLH/660/433/Vlll/2020.

Sementara itu ketika dikonfirmasi melalui telfon, Kamis (20/08/2020) pkl. 15.00 Witta, dengan nada suara tergesa-gesa, Direktur PT. Sari Makmur Tunggal Mandiri menjelaskan bahwa sampah yang dibersihkan kemarin hanya pada bagian yang hampir mengenai badan jalan saja.

"Kemarin hanya dibersihkan pada bagian yang hampir mengenai badan jalan. Hari ini kariawan saya lanjutkan pembersihan pada bagian drainase," jelasnya.

Ketika diminta tanggapan melalui Pesan Wa Secara terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Manggarai Timur, Ir. Donatus Datur berencana akan memberikan surat teguran ke-2 dalam beberapa hari kedepan.

"Kalau sampai Senin, (24/08/2020) belum diangkut semua, kami akan bersurat kembali," tegasnya.

Investigasi Lanjutan

Untuk memastikan pernyataan Direktur PT. Sari Makmur Tunggal Mandiri, Jumat (21/08/2020) pkl. 11.00 witta team Posflores.com kembali memantau lokasi Jalan Ki Hajar Dewantara, Kelurahan Satar Peot, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur.

Nampak terlihat tumpukan sampah kulit kopi kerianng masih tertumpuk di area tersebut. Drainase juga masih dipenuhi sampah kulit kopi kering.

Ketika kembali diminta tanggapan , Jumat (21/08/2020) melalui pesa Wa, Direktur PT. Sari Makmur Tunggal Mandiri yang tetap tidak mau memberitahukan namanya kepada team Posflores.com mengatakan bahwa kemarin kariawannya sudah membersihkan sampah.

"Kemarin mereka sudah membersihkan bagian drainase yang tidak ada rumput ," katanya.

Dirinya mengaku, secepatnya akan melakukan pembersihan pada bagian drainase yang sudah ditumbuhi rumput.

"Secepatnya saya kerahkan kariawan untuk membersihkan sampah bagian drainase yang ditumbuhi rumput. Kalau bukan menggunakan cara gotong royong, kemungkinan besar nanti dibersihkan menggunakan alat berat," tutupnya. (man)

Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top