DLH Matim Bagikan Karung Sampah ke Warga Borong

Petugas DLH Matim bagikan karung ke warga. Foto/ist.

BORONG, POSFLORES.COM–Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), membagikan karung plastik ukuran 100 kilo gram kepada masyarakat Kota Borong dan sekitarnya.

Karung-karung tersebut dibagikan petugas DLH ke rumah-rumah warga. Hal ini dilakukan untuk memudahkan petugas kebersihan mengangkut sampah limbah rumah tangga.

Pasalnya, selama ini, petugas kesulitan mengangkut sampah dari bak penampungan sampah. Sehingga, untuk menghemat waktu dan tenaga serta demi efisiensi kerja petugas hal ini patut dicoba.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Manggarai Timur, Donatus Datur, saat diwawancarai Posflores.com, Kamis, 20 Februari 2020.

Karung yang dibagi itu untuk menampung sampah, agar petugas lebih mudah mengangkatnya ke mobil sampah. Karena, kalau taruh di tong atau bak sampah, petugas agak kesulitan mengangkatnyanya ke mobil sampah. Kita semua tentu tahu jenis sampah limbah rumah tangga. Sehingga cara seperti ini, perlu dilakukan,” kata Kadis Don.

Menurut Datur, cara tersebut menjadi pilihan agar masyarakat bisa isi sendiri sampah di dalamnya. Kata dia, dana yang dipakai untuk membeli karung-karung tersebut  sejumlah lima juta rupiah. Dan karung tersebut bisa digunakan berulang-ulang. Don enggan menjawab saat ditanya jumlah karung yang dibagikan.

Cara ini sebenarnya membuat masyarakat terbantu. Mereka tidak perlu membawa sampah ke bak penampung. Kalau sampah sudah isi dalam karung ya tinggal simpan depan rumah, petugas tinggal angkut. Dana untuk membeli karung hanya sebesar lima juta saja kok, dan karung tersebut dapat digunakan berulang-ulang,” jelas Datur melalui pesan whatsapp. [YS]

Facebook Comments