Banner-Top
Banner-Top

Dua Orang Tanpa Gejala Covid-19 di Ruteng Dipulangkan ke Rumah

RK dan HL (tengah). Foto/Event.
RK dan HL (tengah). Foto/Event.

RUTENG, POSFLORES.COM2 OTG di Kabupaten Manggarai dinyatakan sembuh dari covid-19 usai di karantina massal selama 36 hari di Wisma Atlit Stadion Golo Dukal.

Dua Orang Tanpa Gejala (OTG) yang dikarantina di Wisma Atlit Golo Dukal selama kurun waktu lima Minggu itu dipulangkan pada tanggal 6 Juni 2020 oleh tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kabupaten Manggarai, karena sudah dinyatakan sembuh.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai, Yulianus Weng menjelaskan, kedua OTG itu yakni RK dan HL merupakan klaster Gowa. RK dan juga HL dikategorikan sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG).

Walaup tanpa gejala, tetapi mereka mempunyai riwayat perjalanan ke daerah terpapar. Dan dari daerah terpapar mereka terkonfirmasi mereka dinyatakan OTG. Setelah itu keduanya bersama keluarga kemudian dilakukan pemeriksaan, dan dinyatakan positif rapid test bersama ibu FD yang merupakan pembantu di rumahnya RK.

Saat dilakukan rapid test kedua, hasilnya positif. RK positif dan ibu FD juga positif, sementara keluarga lainya non reaktif. Setelah itu tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kabupaten Manggarai mengambil swab dari RK bersama keluarganya.

Namun selama dua kali pemeriksaan swab, RK dan HL hasilnya negatif. Sedangkan untuk ibu FD, hingga kini masih diisolasi di Wisma Atlit Stadion Golo Dukal. Hasil test swab ibu FD selama dua kali berturut-turut tetap positif, walaupun ia tercatat sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG).

Menurut Dokter Weng, setelah keduanya (RK dan HL) dinyatakan sembuh maka diizinkan untuk pulang ke keluarganya. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai itu juga berpesan kepada keluarga kedua OTG yang di sudah dinyatakan sembuh itu agar tidak perlu lagi takut, karena secara klinis sudah dinyatakan sembuh.

Sementara itu Ketua gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kabupaten Manggarai, Drs. Deno Kamelus saat gelar konferensi pers di Aula Ranaka pada Selasa, 9/6/2020 mengatakan, hingga kini pasien yang terkonfirmasi positif di Kabupaten Manggarai tinggal satu orang saja, dan masih diisolasi di Wisma Atlit Stadion Golo Dukal.

“Dia masih di isolasi dan kasih dia obat anti virus, vitamin serta makanan yang bergizi terutama, dan muda mudahan hasil test berikutnya kembali normal,” kata Deno.

Ia juga mengatakan, dua orang yang terkonfirmasi positif covid-19 ini sudah dinyatakan sembuh apalagi dua-duanya OTG. Kemudian menurut Deno, hasil swabnya itu negatif dua kali.

“Oleh karena itu mereka sudah kembali normal dan kembali ke masyaralat. Namum demikian, sama seperti kita yang lain juga sudah masuk ke dalam kebiasaan baru dalam kehidupan sosial, ekonomi dan kehidupan kepemerintahan. Maka kita tetap bekerja dan mengikuti protokol kesehatan yang ada. Saya berharap kepada masyarakat, mari kita saling mendukung, bekerja sama untuk tetap menjaga supaya transmisi virus di Kabupaten Manggarai ini dapat terkendali,” ucap Deno.

“Untuk Gereja dan juga Masjid akan dibuka kembali pada bulan Juni ini. Untuk Masjid akan dibuka kembali pada Jumat, 12 Juni 2020. Dan untuk Gereja akan dibuka kembali pada Sabtu 13 Juni 2020, tetap mengikuti protokol yang ada,” tutup Deno. [Event Mardivanto]

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top