Banner-Top
Banner-Top

Ferdy Hasiman: Bandar Udara bisa dibangun jika Masyarakat sudah Sejahtera

Ferdy Hasiman. Foto/Ist.
Ferdy Hasiman. Foto/Ist.

MANGGARAI TIMUR, POSFLORES.COM Rencana Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur untuk membangun Bandara Pesawat Terbang di Tanjung Bendera, Kelurahan Watu Nggene, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, NTT menuai pro dan kontra di masyarakat.

Berbagai tanggapan dan komentar lepas memenuhi ruang diskusi, terutama di media sosial yang saban hari menjadi konsumsi wajib setiap pegiat media.

Semua hal di atas tentunya menjadi bahan diskusi pengambil kebijakan agar segala sesuatu dikaji pun dipikirkan secara matang agar setiap kebijakan yang diambil tidak menuai polemik di tengah masyarakat.

Salah satu tanggapan tentang wacana pembangunan Bandar Udara tersebut muncul dari seorang Peneliti Alpha Research Database Indonesiasia, Ferdy Hasiman.

Hasiman menilai, pembangunan Bandar Udara di Tanjung Bendera tersebut tidak dikaji secara matang. Hal itu menurut Hasiman karena pemerintah tidak mempertimbangkan aspek ekonomi, infrastruktur, kesehatan maupun pendidikan.

Secara ekonomis kata Hasiman, pendapatan masyarakat serta perekonomian masih sangat rendah dan itu menjadi bahan pertimbangan kementerian perhubungan sebelum membangun sebuah bandara.

“Ya, jadi kementerian pasti menolak untuk membangun bandara, kalau perekonomian masih rendah,” kata Ferdy, Senin, 7 Juni 2021.

Hasiman menyarankan Pemda Matim untuk fokus membenahi infrastruktur jalan, kesehatan, pendidikan dan harus memperhatikan nasib para petani ketimbang membangun sebuah Bandara Udara.

“Jika jalan, jembatan, air minum bersih, kesehatan, pendidikan serta sektor pertanian terpenuhi, maka masyarkat tentu menjadi sejahtera. Maka saat itulah waktu yang tepat untuk membangun bandara,” ucapnya.

Hasiman juga berharap, Pemda Matim untuk mewadahi semua masyarakat adat yang tergabung dalam satu wilayah itu.

“Saya berharap Pemda merangkul semua masyarakat adat. Jangan terbiasa hanya tua golo atau tua adat tertentu saja yang diundang atau dihargai sedangkan yang lainya dilepas begitu saja,” paparnya. (Yunt)

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top