Banner-Top
Banner-Top

Fransiskus: Kami tidak Berwenang Bubarkan Empat Koperasi Harian di Matim

Fransiskus P. Sinta. Foto/YS.
Fransiskus P. Sinta. Foto/YS.

BORONG, POSFLORES.COM--Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Manggarai Timur, Fransiskus P. Sinta mengatakan bahwa keempat koperasi harian, yaitu KSU Roartha, KSP Rozeki Abadi, KPS Sumber Sejahtera Alamindo dan KSP Maduma, meskipun sudah berbadan hukum, namun pelaksanaannya bukan seperti koperasi.

" Memang keempat koperasi ini sudah berbadan hukum. Hanya saja pelaksanaanya tidak seperti koperasi, karena bunga per bulan mencapai 20% dengan sistem cicilan per hari. Ini merupakan praktik rentenir," katanya kepada posflores.com, Senin, 22 Juni 2020.

"Koperasi ini tidak memiliki anggota dan tidak melaksanakan Rapat Akhir Tahun (RAT)," katanya.

Menurut Fransiskus, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Manggarai Timur tidak memiliki kewenangan untuk membubarkan aktifitas dari keempat koperasi ini.

"Memang keempat koperasi ini sudah kami buat laporan resmi ke tingkat Provinsi. Kemudian berkaitan dengan pembubaran aktifitas mereka, itu tergantung kebijakan Provinsi," ungkapnya.

Dirinya mengaku, selain keempat koperasi ini, pihaknya akan terus melakukan pemantauan terhadap koperasi-koperasi yang menetapkan standar bunga tinggi.

"Kami akan terus memonitor koperasi-koperasi yang menetapkan bunga tinggi, karena mereka ini tergolong rentenir," tutupnya. [Marselino Ando]

Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top