Banner-Top
Banner-Top

Front Rakyat Bergerak Lakukan Aksi Di Manggarai Timur

Firman Jaya saat orasi di Lehong. Foto/Nardi Jaya.
Firman Jaya saat orasi di Lehong. Foto/Nardi Jaya.

Oleh: Nardi Jaya

 

BORONG, POSFLORES.COMPuluhan massa aksi dari berbagai unsur yang tergabung dalam “Front Rakyat Matim Bergerak” melakukan demonstrasi di Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Kamis 21 November 2019.

Bertempat di pusat pemerintahan Kabupaten Manggarai Timur di Lehong, Masa dari berbagai unsur yaitu liga mahasiswa nasional untuk demokrasi (LMND), Masyarakat pasar Kota Borong dan pergerakan mahasiswa Islam Indonesia (PMII) membentuk kekuatan. Mereka melakukan orasi secara bergantian dengan dua grand isu utama yaitu:

1. Menolak pembangunan tembok pembatas di pasar Borong, dan
2. Mengutuk keras pembabatan hutan Manggrove di pesisir pantai  Borong.

Firman Jaya, salah satu peserta aksi dalam orasinya mengecam pihak Pemerintah Daerah (Pemda) yakni Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) yang katanya bertindak tanpa melihat nasib masyarakat saat ini.

“Pemda dan DPRD pasti berkongkalingkong, hingga tidak mengalami kepekaan sosial, dengan apa yang dirasakan masyarakat saat ini,” kata Firman.

Tidak puas berorasi di luar kantor,  massapun masuk ruangan paripurna DPRD Matim dan beraudiens langsung dengan bupati, kepala dinas terkait dan DPRD.

Dua pimpinan Dinas yang berkaitan langsung dengan polemik terbaru, yaitu Fransiskus P. Sinta (Koperindag) dan Yoseph Marto (PUPR), Wakil Bupati Matim Jaghur Stefanus dan beberapa anggota DPRD diberi kesempatan menjawab apa yang menjadi tuntutan Massa aksi. Dialog tersebut dipimpin langsung oleh ketua DPRD Matim Heremias Dupa.

Sebelumnya, sempat terjadi adu mulut antara massa aksi dengan Satpol PP lantaran mobil komando massa aksi yang dihadang Satpol PP saat hendak memasuki kantor bupati. Sementara itu, pimpinan DPRD, Heremias Dupa, menjanjikan akan mencari jalan keluar terkait tuntutan massa.(*)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top