Banner-Top
Banner-Top

Gagal Panen Karena Hama, Petani Lalong Mabar Pasrah

Kondisi tanaman padi di area persawahan desa Lalong
Kondisi tanaman padi di area persawahan desa Lalong

Labuan Bajo, Posflores.comPara petani di Desa Lalong, Kecamatan Lembor Selatan, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) mengalami gagal panen. Sebab, ratusan hektar sawah diserang hama. Akibatnya, para petani pun pasrah. 

“Sudah satu setengah bulan terakhir hama seperti lalat menyerang akar padi di area persawahan, padahal kami sudah melakukan penyemprotan tetapi tidak berhasil,” ujar Mateus Pait, seorang petani desa itu, Sabtu (8/8/2020).

Ia menjelaskan, meski sudah dilakukan upaya penyemprotan, nyatanya, justru tidak membuahkan hasil. Sekitar satu hektar sawah miliknya diserang hama. Para petani bahkan merugi hingga ratusan juta rupiah.

Pasca tanam, jelas Mateus, biasanya petani di desa itu, melakukan penyiraman pupuk. Namun, areal persawahan yang sudah disirami pupuk, justru diserang hama.

Senada dengan Mateus, Laurentius Lukas, menjelaskan, pasca hama wereng menyerang ratusan hektare sawah di desa itu, para petani sudah melakukan berbagai upaya.

“Kami sudah berupaya tapi tidak membuahkan hasil, Pak. Petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) juga tidak pernah datang untuk memberikan petunjuk bagaimana agar hama ini bisa diatasi,” ujar pemilik lahan sawah seluas dua hektar itu. 

Mereka pun berharap pemerintah memperhatikan kelangsungan hidup para petani. (FEC Media)

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top