Banner-Top
Banner-Top

Garda Mutu Ajak Pers Jadi Legislator Masyarakat

Ketua Garda Mutu, Epifanius Manto. Foto/Nardi Jaya.
Ketua Garda Mutu, Epifanius Manto. Foto/Nardi Jaya.

Oleh: Nardi Jaya

 

BORONG, POSFLORES.comGerakan Pemuda Sebelah Wae Musur(Garda Mutu) mengajak semua rekan Pers (Online, Cetak, Elektronik) di Manggarai Timur untuk menjadi Legislator warga sebelah Wae Musur. Hal ini dikatakan Ketua Garda Mutu Epifanius Manto kepada Wartawan Sabtu, (24/8/2019)

“Saya selaku Ketua Gerakan dan atas nama teman-teman Garda Mutu mengajak teman-teman Pers di Manggarai Timur untuk terus menulis apa yang dirasakan atau yang dikeluhkan oleh masyarakat sebelah wae musur,” ungkap Manto.

Manto melanjutkan, alasannya jelas karena masyarakat sebelah wae musur yang terdiri dari Delapan (8) Desa tidak memiliki keterwakilan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai Timur, sehingga kami merasa tepat jika kami mengajak teman-teman Pers untuk menyalurkan aspirasi rakyat wae musur melalui tulisan-tulisan mereka,” jelasnya.

Dia menambahkan, melalui peran dan Fungsi pers yang dijalankan oleh rekan-rekan wartawan kiranya apa yang dirasakan dan apa yang menjadi kerinduan warga sebelah wae musur dapat tersalurkan dan didengar oleh pemangku kepentingan, baik di Kabupaten, Propinsi maupun pusat.

Sekretaris Garda Mutu
Theodorus Pamputh kepada Posflores.com menjelaskan, UU No. 40 Tahun 1999 Pasal 2 menyebutkan ; “Kemerdekaan pers adalah salah satu wujud kedaulatan rakyat yang berasaskan prinsip-prinsip demokrasi, keadilan, dan supremasi hukum.” Dapat dikatakan bahwa pers memiliki fungsi media perantara bagi masyarakat dan Pemerintah.

“Dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Pasal 3 disebutkan mengenai fungsi Pers Nasional, pada poin ke 2 menyebutkan Sebagai Penyebar Informasi, Pers Nasional dapat menyebarkan informasi baik dari pemerintah atau negara kepada warga negara (dari atas ke bawah) maupun dari warga negara ke negara (dari bawah ke atas),” pungkas Theo.

Lebih lanjut dia menambahkan, kiranya dengan mencermati fungsi pers tersebut, bagi Theo, hal ini merupakan solusi yang tepat sehingga aspirasi rakyat bisa didengar, karena memang jelas sebelah wae musur tidak ada perwakilan di DPRD.

Theo berharap kiranya Insan Pers dapat bekerja sama mewujutkan segala aspirasi Warga Masmur.

“Harapannya semoga teman-teman pers menerima ajakan kami, sehingga melalui karya – karya mereka aspirasi kami dapat didengar,” tutupnya.(*)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top