Gugus Tugas Covid-19 Manggarai Lakukan Tracking pada Kerabat OTG Positif Covid-19

Lodovikus Moa. Foto/Event.

RUTENG, POSFLORES.COMSetelah hasil Swab test untuk 4 Orang (3 PDP 1 OTG) terkait covid-19, asal Kabupaten Manggarai keluar, di mana 3 orang hasilnya negatif covid-19 sedangkan 1 OTG terkonfirmasi positif covid-19. KFJ, OTG yang positif covid-19 berasal dari Kampung Golo Ri’i, Dusun Golo Ngorok, Desa Wae Ri’i, Kecamatan Wae Ri’i, Kabupaten Manggarai.

Menindak lanjut hasil swab tersebut, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai mulai melakukan tracking (pelacakan) terhadap orang-orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan 1 orang tanpa gejala (OTG) yang terkonfirmasi Positif Covid-19. Sebelumnya, PDP yang dinyatakan positif covid-19 tersebut, menjalani karantina terpusat di Wisma Atlet Golodukal.

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kabupaten Manggarai, Lodovikus Demung Moa, pada Rabu, 20/5/2020 menjelaskan, kegiatan tersebut dilakukan pertama kali pada hari Selasa, 19 Mei 2020 oleh Tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai dan Tim Kesehatan Puskesmas Timung.

Menurut Moa, saat itu langsung dilakukan rapid test terhadap 9 orang Ibu Rumah Tangga (IRT) yang merupakan warga sekitar tempat tinggal pasien terkonfirmasi positif yang diketahui pernah berkontak erat dengannya.

Setelah rapid test menurut Moa, hasilnya non reaktif (negatif). Dari hasil penelurusan itu juga diperoleh keterangan dari para (IRT) itu, bahwa OTG ini, sebelum dikarantina, pernah berkunjung ke orang tuanya di Kampung Lalong.

Kata Moa, pada hari ini (Rabu, 20 Mei 2020), tim dari Dinkes Manggarai dan tim dari Puskesmas Bangka Kenda juga melakukan tracking di sana dan diketahui bahwa KFJ di saat itu hanya bertemu tiga orang, yakni Bapa, Mama, dan Adik bungsunya.

Menurut Moa, kemarin (19/5/2020) sudah dilakukan rapid test pada ketiganya, dengan hasil non reaktif. Artinya, ada 12 orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan OTG yang terkonfirmasi positif dan sudah dilakukan rapid test kepada mereka semua, dan hasil rapid test pun non reaktif.

Moa juga menjelaskan, saat ini ke-12 orang tersebut melakukan karantina mandiri, dan akan dilakukan rapid test tahap kedua dan test swab. Dalam upaya pencegahan dan penanganan covid-19, Gugus Tugas akan segera melakukan tracing pada warga yang pernah berkontak erat dengan pasien yang telah terkonfirmasi positif itu, untuk kemudian dilakukan rapid test dan test swab.

Kata Moa, saat ini sedang dilakukan penelusuran terhadap pengemudi angkutan travel yang ditumpanginya dari Labuan Bajo ke Ruteng, untuk segera dilakukan rapid test.

Ia berharap agar warga mencermati seluruh informasi terkait perkembangan kasus ini.

“Jika mendapati berita tentang kasus konfirmasi positif dan ada di antara kita yang pernah berkontak dengannya, harap segera menghubungi petugas kesehatan agar dilakukan rapid test. Saat ini tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kabupaten Manggarai terus meningkatkan upaya pencegahan dengan melakukan sosialisasi dan edukasi penggunaan masker, melibatkan personil TNI dan Polri,” ucap Moa. [Event Mardivanto]

Facebook Comments

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0