Ming. Feb 23rd, 2020

Mengawal Nusa Tenggara Timur

HUT PGRI, SMPK Rosa Mistika Ingin Tingkatkan Kualitas Guru

2 min read

Sr. Lusia Endu. Foto/Nardi Jaya

Oleh: Nardi Jaya

 

BORONG, POSFLORES.COM–Jagalah pikiran karena pikiranmu akan mempengaruhi perbuatanmu. Jagalah perbuatan karena perbuatan akan mempengaruhi kebiasaanmu. Jagalah kebiasaan karena kebiasaan akan mempengaruhi karaktermu. Jagalah karakter karena akan menentukan perjuangan untuk menggapai masa depanmu. Kata-kata di atas merupakan nasihat yang diucapkan Klemens Gerembes, selaku Inspektur upacara saat apel memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (HUT-PGRI) di Sekolah Menengah Pertama Katolik (SMPK) Rosa Mistika Waerana Senin (25/11/2019).

Kemudian pada kesempatan berikutnya, Kepala Sekolah SMPK Rosa Mistika Waerana, Suster Lusia Endu, kepada Posflores.com mengatakan peran strategis guru sangat penting mewujudkan “Sumber Daya Manusia” sebagai generasi emas Indonesia, di tahun 2045.

“Refleksi hari jadi PGRI hari ini lebih ditekankan soal kualitas tenaga pendidik untuk mempersiapkan generasi emas Indonesia di tahun 2045,” ujar Sr. Lusia

Dia menjelaskan, bahwa dengan peran strategis guru dalam mewujudkan SDM Indonesia Unggul sebagai tema umum Peringatan hari Guru Nasional dan HUT PGRI KE 74 tahun 2019 ini memiliki tujuan sebagai berikut:

1. Meningkatkan kesadaran dan komitmen guru dan pemangku kepentingan pendidikan dalam upaya mencerdaskan kehidupan dan pembangunan karakter bangsa.

2. Memacu kinerja dan kedisiplinan guru dalam menjalankan tugas profesionalnya mempersiapkan sumber daya manusia sebagai basis terwujudnya generasi emas Indonesia tahun 2045.

3. Memperkuat semangat dan dedikasi guru melalui organisasi guru Profesional PGRI dalam meningkatkan sumber daya manusia yang bermutu.

4. Memperkuat rasa kebersamaan guru melalui organisasi profesi PGRI yang independen, demokratis, dan bersinambungan.

5. Memperkokoh solidaritas dan kesetiakawanan anggota serta meningkatkan kepercayaan masyarakat dan anggota kepada PGRI, sebagai organisasi profesi guru di Indonesia.

6. Mendorong kepedulian pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat akan pentingnya kedudukan dan peran strategis guru dalam membangun pendidikan karakter bangsa yang cerdas, kompetitif, dan bermartabat.

Kegiatan HUT PGRI di SMPK Rosa Mistika kemudian ditutup dengan makan siang bersama.(*)

Facebook Comments