Inspirasi Kopi Manggarai Timur ala Julie Sutrisno Laiskodat

Kopi Colol, Manggarai Timur. Foto/Than Naga.

BORONG, POSFLORES.COM–“Dan kembali teringat kenangan, mendungpun mulai berawan. Perjalananpun kembali dilanjutkan, bersama segelas kopi Colol, Manggarai Timur.”

Sajak di atas keluar dari mulut Ketua Penggerak PKK Propinsi Nusa Tenggara Timur, Julie Sutrisno Laiskodat. Sambil menikmati secangkir kopi bersama Wakil Bupati Manggarai Timur, para DPRD Matim dan beberapa Kadis di tenda sederhana Kevikepan Borong, Kelurahan Ranaloba, Rabu, (11/3/2020).

Tidak hanya tentang nostalgia perjuangan masa lalu bersama sang suami, Viktor Bungtilu Laiskodat, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Dapil NTT 1 tersebut juga menceritakan kopi Manggarai Timur, yang sekarang mendunia.

“Festival Agrowisata Kopi Colol, bukan hanya sekadar ajang promosi tetapi bagaimana supaya para Petani Kopi di Manggarai Timur itu sejahtera. Kopi ini terbaik di dunia. Tentang Kopi Colol, kita telah mendapatkan banyak sertifikat. Sehingga sebagai pemerintah, sudah menjadi kewajiban untuk membuka pangsa pasar. Untuk persiapan ajang ini, saya sudah serahkan ke pakar-pakarnya. Saya juga berkordinasi dengan pak bupati, nantinya kopi ini harus ada di hotel-hotel khususnya di Labuan Bajo pintu gerbang dunia,” ucap Julie.

Terkait infrastruktur menuju Colol, Poco Ranaka Timur, dirinya optimis dalam tempo tiga tahun ini, seluruh jalan lintas provinsi sudah selesai dikerjakan.

“Puji Tuhan, agenda tersebut sudah disetujui DPRD Propinsi dan dalam tempo 3 tahun sudah selesai. Apalagi ini dapilnya saya. Saya sudah bisik pak Gubernur terkait hal itu,” tandasnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur dikabarkan akan menggelar Festival Agrowisata Kopi Colol pada awal bulan Juli 2020 mendatang. Pantauan Posflores.com, Minggu (23/02/2020), sosialisai persiapan Festival Lembah Kopi Colol sudah digelar di Desa Ulu Wae Kecamatan Poco Ranaka Timur, Manggarai Timur. [Nardi Jaya]

Facebook Comments