Banner-Top
Banner-Top

Janda dan Duda di Manggarai Timur Menerima BST

Warga penerima BST di Borong. Foto/Wil.
Warga penerima BST di Borong. Foto/Wil.

BORONG, POSFLORES.COMSebanyak 74 Warga Kelurahan Kota Ndora, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, mendapatkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial RI (9/5/2020). Bantuan itu diterima warga selama 3 bulan dengan rincian Rp. 600.000 per bulan.

BST itu di kirim langsung oleh Kemensos RI melalui PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Borong, Manggarai Timur. Pembagian BST dilakukan di kelurahan demi menghindari kerumunan warga di Kantor Pos.

Lurah Kota Ndora, Save Songku, ketika ditemui posflores.com di ruang kerjanya pada sabtu 9/5/2020 mengatakan, BSI yang diberikan kepada 74 warga itu merupakan realisasi dari data yang dikirim tahun 2018 lalu. Songku menyebutkan, untuk warga yang mendapatkan bantuan BST adalah warga yang masuk dalam kategori janda, duda, dan masyarakat yang tergolong miskin.

Namun demikian, di tengah proses pembagian BST itu, Pemerintah Kelurahan Kota Ndora mendapatkan protes dari warga lain yang mengira bahwa bantuan yang diterima itu adalah data yang di kumpulkan oleh pemerintah kelurahan beberapa hari lalu.

“Ini data lama yang kita usulkan ke Dinas Sosial Kabupaten Manggarai Timur dan seterusnya mereka kirim ke pusat. Dari sana mereka yang verivikasi data sesuai kategori BST itu sendiri. Kita hanya menjalankan tugas untuk warga. Dan tidak dibenarkan kalau ada warga mengatakan data itu diolah oleh kelurahan, itu dari pusat,” jelas Songku.

Songku menambahkan bahwa, saat ini Pemerintah Kelurahan Kota Ndora sedang berjuang agar data yang baru di kumpulkan oleh warga yang berjumlah sekitar 150 kartu keluarga bisa mendapatkan bantuan di tengah Covid-19.

“Tugas kami, semua kartu keluarga yang masuk, wajib hukumnya diusulkan. Yang sudah dapat PKH, BLT, BST itu kami tidak usulkan lagi. Sekarang zaman penuh keterbukaan, jika ada yang mau diskusi kita siapkan waktu demi pendekatan pelayanan terhadap masyarkat,” tutup Songku. [Wil Susu]

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top