Banner-Top
Banner-Top

Jutaan Belalang Serang Lahan Warga, Pemda Matim diminta Turun Tangan

Mus Jewarut. Foto/Posflores.com
Mus Jewarut. Foto/Posflores.com

MANGGARAI TIMUR, POSFLORES.COMHama belalang yang berjumlah sekira jutaan ekor menyerang lahan petani di Persawahan Loba Mese, Kelurahan Rana Loba, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Minggu, 20 Juni 2021.

Gerombolan belalang nampak bergelantungan di pohon padi baik yang masih hijau maupun yang sudah menguning.

Seperti yang diakui Mus Jewarut (62). Menurutnya, untuk mengusir hama belalang itu dia menggunakan asap api. Namun kata dia, cara tersebut hanya sementara karena gerombolan belalang tersebut datang lagi menyerang sawahnya.

“Saya dari tadi pagi jaga di sini. Dan tentunya akan jaga sampai malam. Karena belalang pada malam hari tidur di pohon padi, otomatis batang padi akan dimakannya. Saya minta Pemda Matim turun tangan mengatasi hama belalang ini dengan menyemprot pestisida. Dan saya minta disemprot pada malam hari,” katanya.

Jenis belalang yang menyerang lahan warga. Foto/Posflores.com

Menanggapi keluhan tersebut, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai Timur, Johanes Sentis mengatakan bahwa pihaknya melalui PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) telah mengambil langkah sigap.

“Kita telah mendapat laporan terkait hama belalang dan sudah ambil tindakan di Persawahan Wae Reca, Desa Nanga Labang. Dinas Pertanian tetap waspada dengan menetasnya telur yang sudah ditinggal induk belalang, maka dari itu tim dari dinas terus mengikuti perkembangan ke depannya dan apabila telurnya menetas maka saat itu juga baru melakukan penyemprotan yang efektif,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini tetap melakukan berbagai cara untuk membasmi hama belalang di Persawahan Wae Reca dan Persawahan Loba di Kelurahan Ranaloba.

“Tentu teman-teman PPL bersama petani di Wae Reca terus melakukan pengasapan bakar ban karena aroma asap tidak disukai oleh hama belalang. Dan cara yang sama akan kita lakukan di Persawahan Loba Koe dan Loba Mese,” ungkapnya.

Ia juga mendapat laporan dari Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Desa Compang Ndejing, Kecamatan Rana Mese bahwa belalang sudah sampai di Persawahan Purang Mese dan juga menyerang persawahan Wae Laku.

“Saya berharap kepada petugas di lapangan dan juga para petani sawah untuk memberikan air penuh di petak sawah, karena kalau sawahnya kering maka belalang pasti serang dan makan tanaman padi,” paparnya. (Yunt)

 

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top