Kades di Kecamatan Kota Komba diduga Berkantor di Rumah Pribadi

Kantor Desa Rana Kolong Kecamatan Kota Komba, Manggarai Timur. Foto/Nardi Jaya.

Oleh: Nardi Jaya

 

BORONG, POSFLORES.COM–Pengelolaan anggaran Dana Desa di Desa Rana Kolong, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur diduga tidak transparan. Hal tersebut disampaikan salah satu warga berinisial H melalui sambungan telepon, Senin (13/1/2020).

Tolong datang ke Desa Rana Kolong pak. Pelayanan publik di sini bukan di kantor desa tetapi di rumah pribadi Kepala Desa, kantor desanya jarang sekali dibuka. Dan juga pengelolaan Dana Desa, diduga tidak transparan,” ucap H melalui telepon seluler.

Posflores.com kemudian mendatangi Kantor Desa Rana Kolong pada hari Selasa (14/1/2020) pagi. Pantauan posflores.com, Kantor Desa Rana Kolong dalam keadaan tertutup tanpa papan infografik desa, aparat desa yang bertugas tidak menampakan batang hidungnya.

Salah satu warga Desa Rana Kolong, yang ditemui posflores.com mengatakan, Kepala Desa Rana Kolong, Eduardus Ndu, jarang masuk Kantor Desa, warga terpaksa harus ke rumahnya jika ingin mengurus sesuatu.

Untuk mengurus surat atau administrasi lainnya, kami terpaksa ke rumah operator desa atau ke Kades punya rumah, itupun kalau dia tidak keluar. Karena pak Kades sering pergi ke Bajawa, Kabupaten Ngada,” tandas warga tersebut.

Posflores.com kemudian menyambangi rumah Kepala Desa, Eduardus Ndu, yang terletak di Kampung Mesi, namun sang Kades dikabarkan sedang pergi ke Bajawa bersama istrinya.

Dihubungi terpisah, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Rana Kolong, Martinus Mbiru mengatakan bahwa, untuk ke Kantor Desa, aparat Desa Rana Kolong memakai sistem rolling atau bergantian.

Mereka menggunakan sistem rolling pak. Memang kadang juga tidak masuk kantor,” jelas Martinus.

Informasi yang dihimpun Posflores.com, warga Desa Rana Kolong berencana melaporkan hal ini secara resmi di Dinas PMD dan Inspektorat Kabupaten Manggarai Timur.(*)

Facebook Comments