Banner-Top
Banner-Top

Kades Golo Meleng Dituduh Warganya Melanggar Juknis

Wihelmus Mo. Foto/Ando.

BORONG,POSFLORES.COMFerdinandus Fridus, warga Desa Golo Meleng, Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur menilai pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di desanya tidak melalui proses demokrasi.

“Kalau pemilihan BPD 6 tahun lalu prosesnya buat penjaringan dan penyaringan di tingkat dusun, kemudian ada proses demokrasi pada tingkat desa. Namun yang terjadi di sini (Desa Golo Meleng) pemilihan BPD prosesnya tidak sesuai juknis,” kata Ferdinandus kepada Posflores.com, Rabu (16/09/2020).

Selain itu, dirinya meragukan keaslian surat berita acara pemilihan Badan Permusyawaratan (BPD) yang dibuat pemerintah desa setempat .

“Saya dapat surat berita acara pemilihan BPD dari Kantor Camat Rana Mese pada tanggal 4/ September 2020. Itu surat berita acara bodong,” kata dia.

Sementara itu, Wilhelmus Mo, Kepala Desa Golo Meleng, membantah mengadakan pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tanpa melalui proses demokrasi.

Kepada Posflores.com, Rabu (16/09/2020), Wihelmus menjelaskan pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di desanya sudah mengikuti prosedur.

“Kalau ada pemberitaan miring terkait pemilihan BPD tanpa proses demokrasi, itu bohong. Dari awal kami sudah melaksanakan pembentukan panitia pelaksana, musyawarah dusun dan pemilihan BPD sampai pada penetapan secara demokratis,” jelas Wihelmus saat ditemui di Desa Golo Meleng.

Wihelmus membantah terkait isu yang beredar di tengah masyarakat tentang berita acara bodong alias fiktif terkait pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang dibuat oleh Pemdes Golo Meleng.

“Pemilihan BPD di Desa Golo Meleng tanggal 23 Januari 2020 dan berita acaranya bukan bodongan,” katanya.

Menurut Wihelmus, Surat Keputusan (SK) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang lama sudah berakhir pada bulan Juli. Kemudian untuk berkas pengurus BPD baru sudah diserahkan ke tingkat kecamatan, kemudian diteruskan ke DPMD Matim. (Ando)

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top