Kades Gunung Baru Dimintai Keterangan oleh Penyidik Tipikor Polres Matim

- Advertisement -




MANGGARAI TIMUR, POSFLORES.COMPenyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satuan Reskrim Polres Manggarai Timur memeriksa Agustinus Tinda, Kades Gunung Baru, Kecamatan Kota Komba Utara, di Polres Matim, Kamis, 4 Maret 2021.

Pemeriksaan terhadap Agustinus Tinda, berdasarkan surat Nomor:B/97/lll/Res.3/2021/Res Manggarai Timur terkait dengan adanya dugaan Tindak Pidana Korupsi (TPK) pada pengelolaan anggaran pendapatan desa, tahun anggaran 2017-2020.

Selain Agustinus Tinda, pada hari yang sama juga, bendahara Desa Gunung Baru juga dimintai keterangan oleh Penyelidik Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Matim.

Pemeriksaan terhadap Kades Gunung Baru tersebut dibenarkan Kasat Reskrim Polres Matim, Iptu Deddy S. Karimoy. Deddy mengatakan pihaknya akan meminta klarifikasi terkait persoalan di Desa Gunung Baru.

“Hari ini (4/3/2021) kami akan memeriksa Kades bersma bendahara, pemeriksaan hanya sebatas mengambil keterangan dari para pihak. Dan kami akan masuk pada substansi sesuai dengan laporan masyarakat. Dan juga klarifikasi berkaitan dengan item kegiatan itu, juga melihat bukti dan fakta-fakta administratif,” kata Deddy.

Lebih lanjut ia menjelaskan, langkah konkrit selanjutnya, pihaknya akan turun ke Desa Gunung Baru guna melihat obyek pekerjaan yang sudah dilakukan.

“Secepatnya kami akan ke Desa Gunung Baru. Setelah itu kami akan memanggil pihak DPMD dan Inspektorat untuk klarifikasi berkaitan dengan sistem pelaporan proyek yang telah dilakukan oleh desa,” ¬†jelasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Senin, 1 Maret 2021, Erasmus Eman warga Desa Gunung Baru membuat pengaduan ke Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Matim.

Pengaduan tersebut terkait dugaan penyelewengan keuangan desa tahun anggaran 2017-2020. Di mana menurut Eman, ada begitu banyak kejanggalan di Desa tersebut. Seperti pembangunan Balai Desa yang dianggap mubazir serta pembangunan sarana air minum bersih yang tidak memenuhi asas manfaat.

Informasi yang berhasil dihimpun posflores.com, pemeriksaan terhadap saksi dari Pemdes Gunung Baru akan dilanjutkan pada hari Jumat, 5 Maret 2021. (Ando)I

Facebook Comments




- Advertisement -

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Facebook Comments