Banner-Top
Banner-Top

Kadis LHD Matim: Beli Pasir yang Punya IUP

Kepala DLHD Matim Donatus Datur
Kepala DLHD Matim Donatus Datur

Borong, Posflores.com-Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Manggarai Timur (Matim) Donatus Datur mengimbau kontraktor dan masyarakat, wajib membeli material pasir dan batu pada kelompok penambang yang memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP).

“Masyarakat dan kontraktor tidak boleh beli pasir pada tempat-tempat yang belum memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP),” ujar Dondatus saat diwawancarai Posflores.com di ruang kerjanya, Rabu (19/08/2020).

Mantan Kepala Dinas Pangan itu menjelaskan, dua kelompok penambang di kabupaten itu sudah memiliki IUP. Keduanya, yakni, kelompok penambang Watu Tahang dan CEU.

”IUP untuk dua kelompok ini sudah diterbitkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi NTT baru-baru ini,” jelasnya.

Kendati demikian, Donatus meminta bak mobil dump truck pengangkut material wajib ditutupi terpal untuk mencegah terjadinya polusi udara. Lokasi tambang juga wajib diberi tanda atau rambu sebagai peringatan, agar pengguna jalan di sekitar lokasi lebih berhati-hati.

“Sehingga tidak terjadi kecelakaan yang diakibatkan saat pengangkutan material,” pintanya.

Ia mengimbau, para penambang wajib diberikan Alat Pelindung Diri (APD) untuk menghindari kecelakaan saat bekerja.

Dikatakannya, selama kegiatan penambangan diharapkan memperhatikan aturan yang telah disepakati, yakni, Dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL-UPL).

Ia menegaskan, pengusaha yang melanggar ketentuan yang telah ditetapkan akan dikenakan denda atau sanksi sesuai aturan yang berlaku. (Man)

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top