Jum. Feb 28th, 2020

Mengawal Nusa Tenggara Timur

Kantor Sementara Mapolres Matim Diresmikan, Hotel Mario menjadi Pilihan

2 min read

Acara Kepok Sundung saat peresmian Mapolres Matim. Foto/Nardi Jaya.

BORONG, POSFLORES.COM–Sebanyak lima (5) Mapolres baru di wilayah kerja Polda NTT yang telah resmi terbentuk. Kelima Mapolres tersebut yaitu; Mapolres Sabu Raijua, Mapolres Malaka, Mapolres Nagekeo, Mapolres Sumba Barat Daya (SBD) dan Mapolres Manggarai Timur (Matim). Dengan disetujuinya pembentukan lima Mapolres itu, maka Polda NTT akan memiliki 21 Mapolres dari 22 kabupaten/kota yang ada di NTT.

Pengesahan ini tertuang dalam surat Menpan dan RB RI nomor B/849/M.KT.01/2019 tanggal 18 September 2019 yang ditujukan kepada Kapolri dan ditandatangani Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin, tentang peningkatan tipe dan pembentukan Mapolres. Hal tersebut dikatakan Kapolres Matim AKBP Nugroho Arie Siswanto, SH, saat memberikan sambutan peresmian Kantor sementara Mapolres Matim di Hotel Mario, Jalan Trans Flores, Kota Borong, Rabu 12 Februari 2020.

Selaku Kopolres Baru, dirinya sangat mengharapkan dukungan yang besar dari masyarakat Matim agar dalam menjalankan tugas-tugas pokok Kepolisian Negara Republik Indonesia yakni memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum dan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan lancar.

Butuh kritikan, saran dan masukan dari masyarakat Manggarai Timur. Sehingga kami dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya,” ujar Nugroho.

Selain peresmian kantor, juga diadakan pelantikan pejabat lingkup Polres Matim, berikut pejabat yang dilantik:

1. PS. Kabag Ops AKP Yohanes Bastian Simon
2. Kasat Intelkam AKP Hima Domi Antonius
3. PS. Kasat Reskrim IPTU Deddi Seprianus Karamoi, SH, M.Hum
4. Kasat Binmas AKP Fransiskus Burhaman Medor
5. PS. Kapolsek Borong AKP Ongkowijono Tri Admojo, S.H
6. PS .Kapolsek Sambi Rampas IPDA Galus Keko
7. PS. Kapolsek Kota Komba IPDA I Ketut Kantun
8. PS. Kapolsek Lamba Leda IPDA Stanislaus Jemadu.

Bupati Manggarai Timur Agas Andreas melalui Sekretaris daerah, Ir. Boni Hasudungan mengucapkan profisiat dan selamat bertugas kepada Kapolres Manggarai Timur yang baru.

Marilah kita rapatkan barisan menuju Manggarai Timur yang sejahtera, bermartabat dan berbudaya,” kata Boni.

Turut hadir dalam acara peresmian kantor sementara Mapolres Matim, Marselis Sarimin Karrong (mantan Kapolres Manggarai), Ketua DPRD Matim Heremias Dupa, Danramil 1612/04 Borong, Romo Vikep Borong, dan Para Kapolsek dengan wilayah tugas Matim beswrta undangan.

Mantan Kapolres Manggarai, Marselis Sarimin Karrong, dalam curhatan singkatnya kepada Kapolres baru mengatakan,  Kabupaten Manggarai pada umumnya sangat tunduk pada adat. Setiap persoalan yang ada selalu  diselesaikan melalui jalur lonto leok.

Dalam hal apapun, kalau ada persoalan jangan selalu bawa ke jalur hukum, mari kita usahakan dulu pakai jalur lonto leok. Tetapi kalau tidak mempan yah sudah, proses aja secara hukum,” ucap Marselis.

Menurut Marselis, umumnya pemicu permasalahan di Matim, karena mabuk minuman keras. Di satu sisi, jenis miras seperti kobok sudah dilegalkan di daerah kita. Namun menurutnya, perlu diatur peredarannya agar teratur. Sekadar diketahui proses peresmian Kantor dan pelantikan beberapa pejabat lingkup Polres Matim berlangsung aman dan damai. [Nardi Jaya]

Facebook Comments