Banner-Top
Banner-Top

Kelompok Perajin Rotan di Manggarai Timur Butuh Perhatian Pemerintah

Kelompok perjain rotan saat beraktifitas. Foto/Yunt.
Kelompok perjain rotan saat beraktifitas. Foto/Yunt.

MANGGARAI TIMUR, POSFLORES.COM Kelompok perajin rotan Sayang Ibu di Dusun Parang, Desa Golo Ndele, Kecamatan Kota Komba Utara, Kabupaten Manggarai Timur tetap semangat meski usahanya belum mendapat perhatian dari pemerintah.

Hal tersebut dikatakan Yonti Selus, Ketua Kelompok Sayang Ibu. Menurut Yonti, dalam mengembangkan usaha kerajinan rotan tersebut pihaknya menemui banyak kendala.

“Kami tetap semangat untuk melakukan usaha ini demi menghidupkan ekonomi keluarga. Kami tetap semangat walau tidak diperhatikan pemerintah,” katanya.

Diakui Yonti, saat ini pihaknya mengalami kendala peralatan kerja. Selama ini kelompok perajin hanya menggunakan peralatan seadanya. Selain itu, Yonti megaku kesulitan memasarkan prodak yang dihasilkan.

Prodak yang dihasilkan perajin rotan. Foto/Yunt.

“Alat yang digunakan sangat sederhana. Selain kurangnya peralatan, kami juga mengalami kesulitan dalam dalam pemasaran hasil kerya,” paparnya.

Anyaman rotan tersebut kata Yonti, diolah dalam berbagai jenis produk, seperti tas, topi, fas bunga, pot, piring, tempat nasi maupun tudung saji. Kata Yonti, harga jual hasil kerajinan rotan bervariasi.

“Harga anyamannya disesuaikan dengan motifnya. Harganya kisaran Rp.35.000,00 hingga Rp.200.000,00,” ucapnya.

Dia berharap Pemerintah Menggarai Timur dapat memperhatikan kelompok tersebut agar usaha yang dijalankan tetap berkembang.

“Saya berharap, pemerintah untuk turun tangan memberikan peralatan kerja yang memadai dan bantuan untuk promosi hasil anyaman,” harapnya. (Yunt)

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top