Banner-Top
Banner-Top

Keluarga Lumpuh ini Mendapat Bantuan dari Pemda Matim

Heremias Dupa saat memberikan bantuan. Foto/Ys.
Heremias Dupa saat memberikan bantuan. Foto/Ys.

MANGGARAI TIMUR, POSFLORES.COMKetua DPRD Manggarai Timur, Heremias Dupa, Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, melalui Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Yosef Durahi bersama relawan Kelompok Insanis (KKI) Flores, memberikan bantuan berupa kasur, zink dan beras serta kartu BPJS kepada salah satu keluarga di Matim.

Bantuan ini diberikan kepada keluarga Risalianus Aja (12), bocah kelas 6 SDI Sopang Rajong, Kampung Kota Tunda, Desa Nanga Meje, Kecamatan Elar Selatan, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Risalianus menjadi tulang punggung dalam keluarga dikarenakan kedua orangtuanya yang menderita lumpuh.

Ibunda Risalianus, Wihelmina Mbi mengalami kelumpuhan setelah melahirkan anak bungsu pada tahun 2016, Sedangkan sang ayah, Benediktus Poseng (49) mengalami lumpuh sejak 2019.

Sejak saat itu, Risalianus menjadi tulang punggung keluarga. Selain sibuk bekerja, Risaliansus juga harus membagi waktu untuk belajar dan merawat ayah dan ibunya yang mengalami lumpuh.

Setiap pagi Risal harus ke kebun, memungut buah kemiri untuk dijual demi menafkahi adik dan kedua orangtuanya.

Setelah bekerja dan mengumpulkan buah kemiri, Risalianus harus bergegas untuk memasak dan memberi makan kedua orangtuanya yang sedang sakit. Risal juga membersihkan dan memandikan kedua orangtuanya yang lumpuh tersebut.

Risalianus bersama relawan KKI, Kadis PMD dan Ketua DPRD Matim. Foto/YS.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Manggarai Timur, Jermias Dupa, Kepal Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Yosef Durahi bersama relawan KKI Flores menyerahkan bantua berupa kasur dan zink serta kartu BPJS kepada keluarga Risal.

Mendapat bantuan tersebut, Risalianus tak kuasa menahan rasa haru. Air mata terlihat menetes di pipinya ketika menerima bantuan tersebut.

Ketika ditanya terkait kehadiran orang-orang yang baik hati tersebut, Risalianus mengaku gembira dan terharus. Kata Risalianus, dirinya memiliki cita-cita menjadi seorang guru.

Ketua DPRD Manggarai Timur, pada kesempatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada media dan relawan KKI yang memberitakan kondisi dan keadaan kedua orang tua Risal.

“Terimakasih untuk pemerintah Kabupaten Manggarai Timur melalui DPMD bersama desa setempat yang merespon cepat terkait kondisi keluarga Risal. Saya berharap agar tenaga kesehatan setempat dapat mengunjungi dan mengontrol kesehatan serta memberikan kekuatan psikis terhadap keluarga Risalianus. Karena penderitaan mereka adalah penderitaan kita juga,” kata Heresmias Dupa.

Sementara itu, Kepala DPMD Yosef Durahi mengatakan pemerintah dan Kepala Desa setempat akan mengupayakan agar keluarga Risalianus mendapat rumah layak huni.

“Kami akan upayakan agar Risal dan keluarganya bisa mendapat rumah layak huni,” kata Yosef.

Selanjutnya relawan KKI Matim yang dikomandoi Markus Makur menerangkan, sebelumnya pada tanggal 20 Februari 2021, Ia bersama Ketua DPC PDIP Manggarai Timur, Marsel Sarimin Karrong mengunjungi keluarga ini yang kemudian memberitakannya di media massa.

“Mereka berharap agar Risalianus tetap sekolah meskipun kondisi orangtuanya lumpuh,” kata Makur. (YS)

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top