Kepala Inspektorat Matim: Saya Akan Tindak Tegas Bila Ada Petugas Kita Main Mata Dengan Kades

Kepala Inspektorat Manggarai Timur, Fansi Jahang. Foto/Yon Sahaja.

Oleh: Yon Sahaja

 

BORONG, POSFLORES.com–Kepala Inspektorat Manggarai Timur, Fansi Jahang, menghimbau masyarakat untuk selalu mengawasi pengelolaan dana desa oleh kepala desa agar tepat sasaran sesuai asas manfaat.

Inspektorat katanya sudah memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu mengawasi dan melaporkan kepada Inspektorat bila ada temuan adanya penyalahgunaan dana desa. Namun laporan itu harus ada bukti di lapangan agar bisa di proses sesuai temuan tersebut.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar ikut mengawasi dana desa yang dikelola kepala desa, agar penggunaannya sesuai asas manfaat. Jika masyarakat menemukan kejanggalan jangan ragu untuk melaporkan temuan itu, tentu dengan bukti yang kuat. Sehingga kami pihak Inspektorat bersama pihak penegak hukum untuk menyelidiki laporan tersebut,” ucap Jahang.

Fansi Jahang mengatakan bahwa petugas Inspektorat akan selalu turun desa-desa untuk memberikan sosialisasi kepada aparat desa dan masyarakat. Jahang mengatakan bahwa tim yang turun ke desa akan bekerja profesiaonal dan apabila ada tim atau petugas yang bermain mata dengan kepala desa, maka akan ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku.

“Tim kita selalu turun ke desa-desa untuk sosialisasi agar pengelolaan dana desa tepat sasaran, kita utamakan pencegahan. Saya pastikan tim yang turun ke lapangan tidak main mata dengan kepala desa. Bila ada laporan bahwa petugas Inspektorat bersekongkol dengan kepala desa, maka saya akan tindak tegas,” kata Fansi pada Jumat, 2 Agustus 2019.

Jahang berharap agar aparat desa bisa mengelola dana desa sesuai dengan asas manfaat, yaitu transparan dan adil  merata serta sesuai kebutuhan masyarakat, agar kemajuan desa nampak terlihat.(*)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.