Banner-Top
Banner-Top

Kopi Tumbuk Poco Kepe, Pangan Lokal Asli Manggarai Timur

Kopi Poco Kepe, pangan lokal asli Manggarai Timur. Foto/Yon Sahaja.
Kopi Poco Kepe, pangan lokal asli Manggarai Timur. Foto/Yon Sahaja.

Oleh: Yon Sahaja

 

BORONG, POSFLORES.COMKopi Poco Kepe, olahan pangan lokal hasil produksi para petani di Manggarai Timur. Kopi olahan kelompok tani mandiri dari Kecamatan Poco Ranaka Timur ini turut meramaikan Hari Pangan Sedunia(HPS)tingkat Propinsi NTT yang kali ini berlangsung di Manggarai Timur yang dibuka sejak 25 hingga 27 September 2019.

Kenikmatan Kopi tumbuk yang diolah secara tradisional ini menarik perhatian Pelaksana tugas Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Manggarai Timur, Donatus Datur, untuk mampir mencicipi rasa kopi tumbuk asli Manggarai Timur di stand bazar milik Mhen Paang, pengusaha muda Manggarai Timur saat kegiatan Hari Pangan Sedunia yang berlangsung di Borong.

Usai mencicicip Kopi Poco Kepe, Don Datur langsung mengapresiasi rasa gurih dan nikmatnya rasa kopi yang merupakan produk lokal khas Manggarai Timur itu.

Donatus mengatakan sangat mendukung usaha olahan pangan lokal oleh masyarakat Manggarai Timur demi terciptanya gizi seimbang di tengah keluarga.

Terkait olahan Kopi tumbuk Poco Kepe, Don meminta pengusaha yang menjalankan bisnis Kopi Poco Kepe agar terus kembangkan hasil olahan hingga mendapatkan tempat di hati penikmat Kopi.

“Saya sarankan kepada pengusaha Kopi Poco Kepe untuk rebut hati pecinta Kopi agar selalu eksis di pasaran. Jangan berhenti promosi, karena sesungguhnya rasa Kopi Poco Kepe ini sangatlah unik,” ucap Don.

Sementara itu, Helnimus Mhen atau biasa dipanggil Mhen Paang, pengusaha muda Manggarai Timur, mengucapkan terimakasih kepada Plt Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Manggarai Timur yang sudah mendukung usahanya.

“Terimakasih atas saran dan dukungan pak Don, tentu ini menjadi motivasi tersendiri buat saya untuk terus gencar mempromosi Kopi Poco Kepe ini. Kopi Poco Kepe merupakan prodak pangan lokal yang saya olah dengan cara tradisional bersama kelompok tani kopi di Kecamatan Poco Ranaka Timur, Manggarai Timur. Kopi berjenis arabika ini kita kemas dengan kemasan modern, sehingga Kopi Poco Kepe ini dapat bertahan cukup lama kurang lebih 2 bulan,” ucap Mhen.

Soal rasa, kopi tumbuk Poco Kepe memang tiada duanya. Harum saat diseduh, nikmat saat dicicip baik tanpa gula maupun tambah gula. Dijamin anda akan ketagihan.

Jika anda hendak memesan Kopi Poco Kepe ini, bisa langsung datang ke tempat usaha milik Mhen Paang di Golokarot, Kelurahan Ranaloba, Kecamatan Borong, atau depan kantor Blud Spam Manggarai Timur. Harga bervariasi mulai Rp 5000 hingga Rp 80.000/bungkus.(*)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top