Banner-Top
Banner-Top

Larantuka, Surga di Ujung Flores

Ket foto: Pantai Kawaliwu
Ket foto: Pantai Kawaliwu

 

Oleh: Ira Irmawati

Berbicara tentang wisata berarti berbicara tentang alam. Wisata selalu bertautan dengan alam yang indah, memiliki daya tarik dan juga nilai jual ke wisatawan. Di Indonesia, ada banyak objek wisata dan hampir disetiap daerah. Di Flores misalnya, terkenal dengan Komodo yang ada di Labuan Bajo, Wae Rebo yang ada di Manggarai, dan danau Kelimutu di Ende.

Namun demikian, ada banyak objek wisata yang luput bahkan belum mendunia. Pada kesempatan ini, saya merekomendasi kepada teman-teman yang suka trip salah satu kota yang memiliki beberapa objek wisata, baik religi maupun yang alami.

Di Ujung Timurnya pulau Flores adalah kota Larantuka sebagai pusat kota Kabupaten Flores Timur. Kotanya kecil namun terdapat banyak keindahan dan kota ini disebut juga kota Reinha.

Julukan tersebut tentu saja membuat orang penasaran dengan kota Larantuka. Kota Larantuka juga sering disebut Vatikan Indonesia. Letak kota Larantuka yang berada di kaki gunung dan berbatasan langsung dengan permukaan air laut. Trip ke Larantuka memang selalu bikin tertarik, selain terpesona dengan alam yang indah, adem meski sedikit panas juga karena terkenal dengan objek wisata Religinya.

Untuk wisata alam, teman-teman boleh berkunjung ke pantai Kawaliwu yang ada di Larantuka. Banyak wisatawan bermain ke Kawaliwu karena pantainya begitu indah. Pantai kawaliwu ini punya keunikan tersendiri. Selain bersahabat dengan senja, juga ada air panas alami.

Air panas tersebut terdapat di bibir pantai. Pantainya penuh dengan kerikil. Uniknya pengunjung menggali kerikil agar bisa menemukan sumber air panas. Mengamati dan menikmati sunset sambil rendam di air panas. Bagi yang belum sempat mengunjungi ke tempat tersebut, anda masih punya kesempatan untuk ke sana.

Selain itu, Larantuka juga sering dijuluki sebagai kota Vatikan Indonesia. Banyak wisatawan yang berziarah ke Larantuka. Larantuka juga memiliki banyak kapela cantik dengan bangunan Portugis dan sedikit berbudaya dengan gaya portugis.

Orang Larantuka setiap tahun melaksanakan acara Semana Santa dan acara ini hanya terjadi di Larantuka. Semana santa adalah budaya lokal yang sering dilaksanakan oleh masyarakat Larantuka. Acara seperti itu sudah dilakukan sejak zaman portugis sekitar tahun lima ratusan silam.

Ada banyak tempat ibadah yang ada di Larantuka seperti gereja Katedral Reinha Rosari. Bangunan gereja tersebut sangat mengagumkan. Terdapat Taman Doa Bukit Fatimah, Kapela Tuan yang terletak di Adonara Barat, Desa Wureh. Sekarang sudah berusia 5 abad dan itu merupakan peninggalan portugis.

Acara Semana santa ini biasanya dilaksanakan pada hari raya paskah. Kota Larantuka ini menjadi kota peziarah dan banyak wisatawan yang berkunjung termasuk turis-turis juga mengikuti ziarah.

Taman doa bukit Fatimah ialah tempat yang nyaman bagi teman-teman untuk berkunjung dan jika berkunjung di bukit ini akan mengalami kesunyian yang sangat dalam.

Keheningan dan keindahan alam yang begitu alami membuat orang nyaman untuk berdoa. Selain nyaman dan tenang saat berdoa, para wisatawan juga bisa menikmati keindahan laut dari taman doa fatimah ini dan juga bisa melihat beberapa tempat yang ada di sana seperti pulau Adonara dan Lembata.

Dengan panorama yang indah, tentu memanjakan bola mata dan menenangkan jiwa. Anda seketika terhipnotis dengan pesona alam yang luar biasa itu. Lokasi taman doa bukit Fatimah ini tidak jauh dari pusat kota Larantuka, hanya menempuh jarak 10 sampai 15 menit.

Dalam taman doa bukit fatimah sudah sediakan kursi sehingga mengundang kenyamanan bagi siapa saja yang datang berdoa. Taman doa bukit fatimah terasa seperti surga yang ada di Larantuka. Sang Khalik sudah memberikan alam yang indah, terbukti saat melihat hamparan  laut, bunga penuh warna-warni menghibur hati.

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top