Banner-Top
Banner-Top

Mengaku Tidak Pernah dapat Bantuan, Agnes Tolak Dicoklit Bawaslu Manggarai

Agnes Ahu saat dikunjungi Komisioner KPUD dan Ketua Panwascam. Foto: Humas Bawaslu
Agnes Ahu saat dikunjungi Komisioner KPUD dan Ketua Panwascam. Foto: Humas Bawaslu

Ruteng, Posflores-Agnes Ahus, warga Kelurahan Bangka Leda, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai menolak untuk dilakukan Pencocokan dan Penelitian (Pencoklitan) data pemilih oleh Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP)Badan pengawas pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten itu. Ia beralasan, penolakan itu, lantaran tidak pernah mendapat bantun dari pemerintah.

Demikian disampaikan Komisioner Bawaslu Kabupaten Manggarai, Devisi HP3S, Fortunatus Hamzah Manah, Jumat (14/8/2020) di Ruteng.

Kendati demikian, jelas Fortunatus, pihaknya sudah berusaha melakukan advokasi dan memberikan pemahaman tentang pentingnya menggunakan hak pilih. Namun, Agnes tetap menolaknya.

“Tugas kami sebagai pengawas pemilihan adalah memastikan pemilih yang memenuhi syarat didata sebagai pemilih sesuai dengan mekanisme, tata cara dan prosedur coklit. Tugas ini menjadi marwah Bawaslu untuk menjaga hak pilih di seluruh negeri,” katanya.

Mantan Ketua Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Manggarai itu, mengatakan, Agnes pernah membuat surat pernyataan penolakan dan diserahkan di PPDP TPS 002 keluarahan itu.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan Langke Rembong, Narsisius Paus mengaku, ia bersama Komisioner KPUD Kabupaten Manggarai, Yohanes Sunardianto Gampung pernah mendatangi Agnes untuk melakukan pendekatan dan sosialisasi pentingnya hak pilih.

Namun, usaha tersebut sia-sia. Agnes aku Narsi, tetap menolak untuk dicoklit, lantaran tidak pernah diberikan bantuan oleh pemerintah.

“Pemilih atas nama Agnes Ahus tersebut tetap kukuh menolak dicoklit dan telah menuangkan pernyataan penolakan secara tertulis dan diserahkan ke PPDP. Atas dasar itu PPDP tidak mendata yang bersangkutan,” imbuhnya. (Fec Grup)

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top