Mengukur Kualitas Jalan, Dinas DPMD Manggarai Timur Tidak Memiliki Tenaga Tekhnis

Yosef Durahi, Kepala Dinas DPMD Manggarai Timur. Foto/Yon Sahaja

Oleh: Yon Sahaja

 

BORONG, POSFLORES.COM–Di Manggarai Timur, pembangunan infrastruktur jalan yang diintervensi dana desa mulai menggeliat. Baik pembangunan jalan rabat beton maupun jalan lapen yang dikelola secara swadaya oleh desa.

Namun apakah kualitas pembangunan infrastruktur tersebut terjamin. Di sinilah masalahnya. Masyarakatpun mengadu ke berbagai pihak dan juga kepada pemerintah.

Sementara itu, pihak yang berkaitan langsung dengan hal tersebut di atas, yaitu DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) memiliki kendala untuk mengukur kualitas jalan lapen maupun rabat beton.

Alasannya, dinas tidak memiliki tenaga tekhnis untuk mengukur kualitas tidaknya pembangunan jalan tersebut. Namun langkah yang dilakukan oleh DPMD adalah koordinasi dengan inspektorat untuk menangani masalah tersebut. Seperti yang telah diketahui, banyaknya pembangunan di desa yang bersumber dari dana desa akhir-akhir ini cukup menyedot perhatian publik.

Sorotan utama masyarakat adalah kualitas pembangunan tersebut. Mulai dari proses tender serta papan informasi publik dan kualitas jalan yang diragukan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Yosef Durahi, kepada posflores.com, Rabu 27 November 2019, mengatakan bahwa, dinas DPMD memiliki sedikit  kendala dalam mengukur kualitas pekerjaan jalan yang menjadi program desa. Sebab dinasnya tidak memilik tenaga tekhnis. Namun menurutnya, langkah yang diambil adalah koordinasi dengan inspektorat. Sehingga proses pengawasannya tetap berjalan.

“Kalau soal pembangunan infrastruktur yang dibangun menggunakan dana desa, kami akui ada sedikit ┬ákendala yaitu tidak ada tenaga tekhnis untuk mengukur apakah jalan tersebut berkualitas atau tidak. Namun langkah yang kami lakukan adalah berkoordinasi dengan inspektorat. Kami tetap pantau sejauh mana proses pekerjaan tersebut dilakukan,” ungkap kadis Yosef.(*)

Facebook Comments