oleh

Menyambut Pilkada Manggarai, KPUD gelar Tes Tertulis bagi 275 Orang Calon PPK

Oleh Valery Isno

 

RUTENG, POSFLORES.COMSebanyak 275 orang mengikuti tes tertulis untuk menjadi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada Kabupaten Manggarai tahun 2020, Kamis 30/1/2020 di Aula MCC Ruteng.

Komisioner KPUD Kabupaten Manggarai Rikardus Pentor, menjelaskan perekrutan tersebut dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Manggarai tahun 2020 mendatang. Peserta yang mengikuti tes tertulis kata dia, merupakan orang yang telah lolos mengikuti seleksi administrasi yang diikuti oleh 318 orang yang dilakukan pada tanggal 18 -24 Januari 2020 lalu.

Dalam proses rekrutmen PPK kata Rikar, ada tiga tahap seleksi yang dilalui yakni seleksi administrasi, tes tertulis dan seleksi Wawancara. Dari hasil tes tertulis, KPUD akan menetapkan 10 orang yang selanjtnya mengikuti seleksi wawancara.

KPUD Manggarai kata dia, akan merekrut Panitia ad hoc PPK Sejumlah 60 orang, dengan alokasi 5 orang setiap kecamatan di Kabupaten Manggarai. Rikar menambahkan, dalam setiap tahapan seleksi KPUD akan meminta masukan dan tanggapan masyarakat terkait calon PPK. Hal itu, misalkan calon PPK yang terlibat dalam partai politik atau menjadi tim kampanye pasangan calon.

Prinsip seleksi dilakukan secara terbuka dan transparan mengacu kepada peraturan perundang undangan yang berlaku, agar proses seleksi PPK ini dapat menghasilkan calon yang berkualitas, mempunyai integritas yang tinggi dan independen. Proses seleksi ini juga diawasi secara ketat oleh BAWASLU Kabupaten Manggarai,” kata Rikar.

Untuk diketahui, tes wawancara akan dilakukan pada tanggal 8 – 10 Februari 2020. Sementara rekrutmen Panitia Pemungutan Suara (PPS) baru dimulai pada tanggal 15 Februari 2020.

Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Manggarai, Fortunatus H. Manah mengatakan sesuai amanat Pasal 30 UU Nomor 10 Tahun 2016, Bawaslu Kabupaten berwewenang mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan pemilihan diantaranya tahapan pelaksanaan pengawasan rekrutmen PPK, PPS, dan KPPS.

Bawaslu Kabupaten Manggarai dalam pengawasannya memastikan proses rekrutmen dilakukan secara terbuka dengan memperhatikan kompetensi, kapasitas, integritas dan kemandirian calon anggota PPK. Selain itu, Bawaslu ┬ájuga memastikan calon anggota PPK tidak terlibat sebagai pengurus atau anggota partai politik minimal lima tahun telah mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik,” jelas Manah.

Menurut Manah, persyaratan lain yaitu calon anggota PPK tidak menjadi tim kampanye peserta pemilu dan atau pemilihan dalam lima tahun terakhir yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah. Sementara bagi calon PPK yang sudah dua periode berturut-turut sebagai anggota PPK, tidak dapat mengikuti seleksi lagi dalam jabatan yang sama. Dua periode berturut-turut artinya dua periodesasi pemilu atau pemilihan secara berturut-turut.

Pengawasan yang dilakukan Bawaslu Kabupaten dalam rangka memastikan KPU mematuhi seluruh syarat, mekanisme, tata cara dan prosedur perekrutan seperti yang diamanatkan Undang-undang dan Peraturan KPU,” tutup Manah.

Untuk memastikan rekam jejak calon anggota PPK bersih, Bawaslu Kabupaten Manggarai telah membuka posko pengaduan masyarakat soal rekam jejak calon anggota PPK. Pengaduan yang disertai bukti yang cukup dapat disampaikan melalui jajaran Pengawas Kecamatan atau langsung disampaikan ke kantor Bawaslu Kabupaten Manggarai.(*)

Facebook Comments

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

News Feed