Nelayan di Borong Enggan Melaut Akibat Cuaca Buruk

Oleh: Yon Sahaja

 

BORONG, POS FLORES.comAkibat tiupan angin yang cukup kencang disertai curah hujan yang tidak menentu membuat Nelayan di Borong enggan melaut. Nampak puluhan kapal penangkap ikan milik nelayan berlabuh disekitar dermaga Borong, Manggarai Timur.

Beberapa nelayan terlihat duduk di atas perahu sambil membetulkan jala dan ada pula yang sedang memompa air keluar dari perahu. Cuaca buruk seperti ini membuat pikiran para nelayan tidak menentu, pendapatan dari melaut turun drastis.

Seperti yang dialami Mirad dan Dani, nelayan asal Borong yang ditemui Posflores.com di tepi Dermaga pada hari Sabtu (1/6/2019) Petang. Menurut Mirad, sejak dua hari lalu dirinya dan beberapa Nelayan lainnya tidak melaut akibat angin kencang.

Seorang nelayan di Borong sedang menuggu cuaca teduh untuk melaut. Foto: Yon Sahaja/team YPF.

“Sejak dua hari lalu saya dan teman-teman tidak melaut akibat cuaca yang tidak bersahabat. Mau bagaimana lagi, kita tidak berani turun laut, penghasilan kita tentu tidak ada, apalagi seperti ¬†saya yang hanya ikut perahu orang, anak dan istri tentu maklum dengan cuaca yang tidak baik ini,” kata Mirad.

Hal senada juga disampaikan oleh Dani, pria 28 tahun ini mengatakan bahwa penghasilan melaut akibat angin kencang jadi hilang.

“Kita tidak mungkin melawan alam ya, angin kencang seperti ini siapa yang berani melaut. Tentu penghasilan kita akibat cuaca buruk ini jadi hilang, biasanya kita mendapatkan jutaan rupiah sekali turun, namun mau bagaimana lagi, kita pasrah saja sambil berharap agar cuaca cepat teduh lagi,” kata Dani.

Cuaca buruk bukan saja soal angin, namun curah hujan yang tidak menentu membuat warga kota Borong dan sekitarnya menjadi tidak nyaman. Mendung sedari pagi hingga petang mengundang beberapa penyakit ringan seperti flu dan batuk datang menyerang, lebih khusus bagi warga yang daya tahan tubuhnya lemah.***

Facebook Comments

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed