Nikson Benu: Kami siap Melayani Operasi Gratis Bibir Sumbing untuk Wilayah NTT

Ilustrasi bibir sumbing. (Smile Train Indonesia).

Oleh: Nardi Jaya

 

BORONG, POSFLORES.COM–Bibir sumbing merupakan kondisi kelainan bawaan yang ditandai dengan adanya celah atau belahan pada bibir bagian atas. Celah tersebut bisa terdapat di tengah, kanan, atau bagian kiri bibir. Selain di bibir atas, sumbing juga bisa terjadi pada langit-langit mulut. Kondisi ini biasa disebut dengan langit-langit sumbing.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan bibir sumbing dan langit-langit sumbing. Namun para ahli percaya bahwa kondisi ini terjadi akibat kombinasi faktor genetik dan lingkungan.

Pengobatan bibir sumbing biasanya dilakukan dengan cara operasi, yang kemudian membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sehingga tak jarang, bagi golongan kelas menengah ke bawah, terkadang dibiarkan saja karena faktor pembiayaan yang tidak menunjang.

Smile Train adalah badan amal internasional untuk anak-anak yang memberikan operasi perbaikan sumbing 100% gratis serta perawatan sumbing komprehensif kepada anak-anak di lebih dari 85 negara. Model berkelanjutan yang kemudian memberdayakan dokter lokal untuk memberikan perawatan sumbing di komunitas mereka, yang mana di Indonesia dikenal dengan nama Smile Train Indonesia, dan berkantor pusat di Jakarta.

Nikson Benu, salah satu Kordinator di Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), ketika dihubungi Posflores.com mengatakan bahwa, Setiap kegiatan Operasi Bakti Social Operasi Gratis ini dapat dilakukan jika minimal jumlah pasien di suatu daerah sudah berjumlah 15 orang, dengan Kualifikasi sebagai berikut:
1. Bibir Sumbing :Minimal berusia 3 (Tiga) bulan dengan Berat badan Minimal 5 kg, serta
2. pasien Langit-langit Terbelah : Minimal 1 (satu) tahun dengan Berat Badan minimal 10 Kg.

“Biasanya lewat nomor hp yang disebar itu, kami menerima informasi setiap harinya di wilayah ntt ini. Namun, sistimnya jika sudah mencukupi, misalnya 15 orang, maka melalui rumah sakit yang sudah bermitra, disitulah nanti akan diberikan pelayanan” jelas Nikson.

Dikatakannya bahwa, pelaksanaan operasi gratis yang diberikan ini langsung ditangani oleh Dokter Specialis ahli bedah plastik dan dokter specialis bedah mulut yang dimiliki oleh Smile Train Indonesia sendiri, dengan tujuan agar menghindari agar tidak ada unsur mal praktek dalam kegiatan Bakti sosial yang diadakan.

“Semua pelayanan yg kami berikan berupa Konsultasi, hingga masa Operasi semuanya gratis. setiap anak Yang terlahir dengan kondisi bibir sumbing dan langit-langit terbelah sekaligus akan kami bantu memberikan operasi secara Bertahap. dan setiap pasien yang mungkin sebelumnya sudah pernah dioperasi namun tidak rapi atau jahitannya terbuka lagi kami tetap bersedia membantu memberikan pelayanan operasi Revisi atau perbaikan bagi mereka. Dan semua pelayanan ini juga tetap mereka mendapatkan secara cuma-cuma,” jelas Benu kepada Posflores.com, Senin 27 Januari 2020 lewat pesan instan Whatsapp.

Terkait tempat pelayanan, sejauh mana rumah sakit itu bersedia melakukan kerja sama maka tim smile train akan turun sosialisasi.

“Jadi pada intinya jika rumah sakit tersebut memiliki ruang operasi yang memenuhi kriteria dan standar yang baik maka kami akan melakukan pengamatan dan selanjutnya bersurat untuk melakukan kegiatan bhakti sosial di RS tersebut,” imbuhnya.

Menurut Benu, smile train akan terus berkomitmen membantu anak-anak penyandang bibir sumbing dan langit-langit terbelah karena kondisi cacat ini dapat disembuhkan dengan cara dioperasi.

“Sebab sebelumnya, kami melihat bahwa ada begitu banyak anak yang belum dioperasi. mereka cenderung merasa malu dan menyendiri, selain itu juga rata-rata tidak ingin mencicipi dunia pendidikan karena malu diolok oleh teman-teman sebaya dan orang-orsng di sekitar mereka. Namun setelah mereka mendapatkan pelayanan operasi yang berkualitas dan setelah sembuh mereka dapat menjalani aktifitas mereka dengan senyum baru dan semangat baru,” tutupnya.

Untuk info tambahan mengenai Smile Train bisa dibaca pada alamat website smiletrainindonesia.org atau hubungi nomor HP 085253078962 atas nama Nikson Benu atau 081239419419 atas nama Kristom Boimau.(*)

Facebook Comments