Para Suster Kongregasi MBC Asal Manggarai Raya Menerima Kaul Kekal di Napoli Italia

oleh -1.860 views
Para sustrr Kongregasi MBC saat mengirar janji setia kepada Allah didepan Altar Tuhan. foto/suster Memik.

Oleh: Sr.Maria Helmina Jeniu

 

NAPOLI, POSFLORES.com–Hari ini(8/62019)anggota dan seluruh pimpinan dari kongregasi suster-suster Maria Berduka Cita Pelayan Maria atau yang biasa disebut MBC, pada hari ini mengambil bagian dalam sukacita yang tak terhingga melalui upacara pengikraran Kaul Kekal.

Kelima suster itu adalah Sr.Mersiana Erni MBC, berasal dari Doro Manggarai Barat, suster Imelda Makur MBC dari Lewur Manggarai Barat, suster Rosa Delima Ohoiulun MBC dari Tual Maluku, suster Adelinda Faot MBC dari Soe Timor Tengah Selatan dan suster Wihelmina Lambatir MBC dari Saumlaki, Maluku.

Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Pater George Ramos OSM(wakil pimpinan jendral ordo Hamba Hamba Maria)juga dihadiri oleh sejumlah imam, diakon serta suster-suster dari Kongregasi lain dan umat dari barbagai tempat dimana suster suster ini berkarya.

Turut hadir dalam perayaan ini pater Aleksander Dancar, SVD selaku ketua ikatan rohaniwan rohaniwati di kota Abadia Tau yang biasa di sebut IRRIKA bersama pater Anisetus Bali OAD penanggungjawab IRRIKA cabang Napoli. Kehadiran mereka juga sebagai bentuk dukungan kepada suster yang berpesta dan mewakili anggota keluarga yang tidak sempat hadir dalam perayaan ini, disebabkan jarak antara Italia dan Indonesia yang begitu jauh.

Kebahagian dari kelima suster ini di rasakan juga oleh para pastor yang hadir dan umat dimana mereka berkarya.
Walaupun tidak ada anggota keluarga yang turut hadir dalam peryaan ini, namun mereka juga tentu turut berbahagia bersama putri putri mereka pada hari ini.

Para suster foto bersama imam yang hadir saat perayaan Ekaristi Penerimaan Kaul Kekal di Napoli Italia. Foto/Suster Memik.

 

Lagu pernikahan di Kana menjadi penghantar perarakan masuk dari para suster Yubilaris di dampingi oleh pimpinan umum Kongregasi Maria Berduka Cita Madre Elisabeth Torez Martinez.

Dalam homilinya Pater George dengan tegas mengatakan agar dalam tugas pelayanan, hendaknya kita selalu berbahagia dan bisa membawa berkat bagi sesama, bertolak dari Injil yang dipilih.

”Salam hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau, meneguhkan kita semua, bahwa dalam setiap tugas pelayanan kita, Yesus itu selalu bersama kita dan kita yang sudah dipilih untuk menjadi pengikutNya adalah orang yang terberkati. Yesus sang gembala memberi kekuatan dan memampukan kita untuk menjalani hidup panggilan,” ucap Pater George dalam Hamilnya.

Setelah homili, para suster Yubilaris melangsungkan serah setia mereka kepada Allah. Penyerahan diri secara total dengan hati yang tak terbagi dan berbakti kepada sesama sesuai dengan cita-cita dan semangat dari lembaga yang di ikuti. Begitupun dengan acara pengenaan cincin sebagai lambang penyerahan diri secara mutlak dan menyeluruh kepda Allah yang memanggil. Disaksikan oleh umat yang hadir yang turut mendukung dan mendoakan.
Misa ditutup dengan sambutan dari muder jendral, sebagai ungkapn terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dalam proses berlansungnya acara pengikraran Kaul Kekal dari suster Yubilaris. Beliau mengajak semua tamu yang diundang untuk mengikuti acara makan siang bersama.

Selama acara makan siang berlangsung, para tamu undangan disuguhkan dengan iringan lagu oleh para suster Yubilaris maupun para suster-suster dan pastor yang hadir pada kesempatan tersebut.

Pada kesempatan tersebut para suster sempat memperkenalkan makanan tradisi asal Indonesia yang selalu hadir dalam setiap acara pesta, diantaranya yaitu sate sapi, daging ayam, sayur-sayuran. Para tamu yang hadir  bukan hanya orang Indonesia saja, namun dari berbagai negara yaitu Italia, Meksiko, Madagaskar. Nampak mereka menyantap makanan khas Indonesia itu dengan begitu lahap sampai tidak ada yang tersisa. Kegiatan perayaan Kaul Kekal ini berlangsung di Napoli Italia Selatan, tepatnya di Kapela Stella Mattutina.***

Facebook Comments

One thought on “Para Suster Kongregasi MBC Asal Manggarai Raya Menerima Kaul Kekal di Napoli Italia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *