Jum. Feb 28th, 2020

Mengawal Nusa Tenggara Timur

Pelaku Pungli di Kabupaten Manggarai Ditangkap Polisi

2 min read

Dua orang pelaku Pungli saat diamankan Polisi, satu orang pelaku masih di Sekolah saat proses penangkapan. Foto/Isno.

Oleh: Valery Isno

 

RUTENG, POSFLORES.COM–Anggota Polres Manggarai berhasil mengamankan pelaku pungutan liar di Desa Goloworok Kecamatan Ruteng, Manggarai, NTT, Senin (20/01/2019). Berdasarkan informasi yang dihimpun Posflores.com, kejadian itu terjadi pada hari Minggu (19/1 2020). Pelaku berjumlah tiga (3) orang melakukan pungutan liar di jalan.

Pelaku berinisial JN (24) NW (20), AN (17). AN, merupakan siswa SMA di salah satu Sekolah di Ruteng. Ketiganya berasal dari Golo Worok, Desa Golo Worok, Manggarai. Saat ini, 2 orang pelaku sudah diamankan oleh pihak Polres Manggarai, setelah mendapat laporan dari pengguna jalan. Sedangkan satu pelakunya masih di Sekolah saat saat proses penangkapan.

Pelapor, sempat membuat video saat pelaku menghadang mobil dan mengancam pelapor tersebut. Dalam tayangan video tersebut pelaku memaksa Pelapor untuk membayar mereka.

Saya sempat mendokumentasikan perbuatan pelaku. Mobil saya mereka tilang yang kemudian minta uang,” jelas pelapor yang diketahui ternyata seorang Pastor.

Para pelaku mengaku melakukan hal itu (pungut uang) karena karena telah memperbaiki jalanan yang rusak. Mereka juga mengaku melakukan pungutan tersebut dalam keadaan mabuk alkohol.

Setiap pengguna jalan yang lewat harus membayar kepada kami. Namun jumlah uangnya tergantung para pengguna jalan. Itu kemarin karena kami sudah perbaik jalan rusak, dan kami tidak tahu yang kami hadang itu adalah pastor, karena kami lagi mabuk” kata JN, salah satu pelaku pungli kepada Posflores.com.

JN mengaku, uang hasil pungutan itu akan digunakan untuk membeli rokok dan minuman keras. Tak hanya itu, JN juga mengaku pernah melakukan hal serupa pada tanggal 30 Desember 2019 kali lalu. Pada waktu itu, Ia dan kawan-kawannya berhasil mengumpulkan uang sebanyak Rp. 2.500.000, uang itu digunakan untuk membeli rokok dan minuman keras.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para pelaku saat  ini, diamankan di Polres Manggarai untuk diproses lebih lanjut.(*)

Facebook Comments